Bakal Berlaga di Olimpiade Paris 2024, Ini Persiapan Atlet Angkat Beban Rizki Juniansyah

| 16 May 2024 23:30
Bakal Berlaga di Olimpiade Paris 2024, Ini Persiapan Atlet Angkat Beban Rizki Juniansyah
Rizki Juniansyah. (Era.id/Adelia)

ERA.id - Rizki Juniansyah menjadi salah satu atlet angkat besi terbaik Indonesia yang bakal berlaga di Olimpiade Paris 2024. Ia pun memberitahu persiapan apa saja yang telah dilakukan menjelang olimpiade.

Olimpiade Paris 2024 diikuti oleh 200 negara yang dimulai pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2024. Sementara cabang olahraga (cabor) angkat besi yang diikuti Rizki akan berlangsung pada 7-11 Agustus 2024.

Atlet berusia 21 tahun itu membocorkan persiapan apa saja yang dilakukan untuk menjaga performanya saat menjadi wakil Indonesia di kelas 73 kg putra pada Olimpiade Paris 2024.

Rizki Juniansyah mengaku menjalankan program latihan dari pelatihnya. Selain itu, Rizki juga tidur teratur demi kesehatan fisik dan mentalnya.

"Pelatih juga banyak, jadi banyak ekstra tambahan latihan itu. Terus untuk tidurnya itu masih benar-benar fokus. Sebelumnya aku tidur masih suka tengah malam, tapi sekarang sudah nggak bisa," ujar Rizki saat ditemui di Jl. M.H Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (16/5/2024).

"Untuk sekarang durasi tidurnya malam 8 jam dan siangnya minimal 1 jam dapat tidur, bagusnya 2 jam. Tidur jam 2 (siang) bangun jam 4. Malamnya jam 11 (malam) bangun jam 7 (pagi) atau 8. Kita latihan nambah ekstra memang sehari 2 kali. Jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Sorenya jam 4 sampai 7, latihannya sangat ekstra daripada sebelumnya," lanjutnya.

Selain itu, Rizki juga menjaga pola makanannya, walau tidak ada pantangannya. Apabila berat badannya naik, maka dirinya melakukan diet.

"Kalau makanan enggak ada pantangan. Cuma aku sendiri menjaga berat badan itu kayak diet, aku lebih ke situnya. Pantangan makan ini itu enggak ada, aman aja sih," bebernya.

Ia mengatakan selalu mengonsumsi makanan yang terdiri dari kombinasi gizi lengkap yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

"Yang penting kita jaga diri kayak oh jam segini nggak makan, jam segini waktunya istirahat. Tetap ada 4 sehat 5 sempurna. Tetap asupannya lebih baik lagi, sekarang ada dispesialisasikan ada dokter untuk pribadinya masing-masing," jelasnya.

Rizki mengaku tak mau menyiakan kesempatan bertanding di Olimpiade Paris 2024. Maka dari itu, ia berusaha untuk menjaga pola makan, istirahat, serta latihan agar bisa memenangkan pertandingan.

"Kita juga semua enggak mau menyia-nyiakan kesempatan kali ini. Karena memang emas ada di depan mata," ucapnya.

"Kekhawatiran ada, tapi lebih ke mental ya karena aku belum pernah segitu di pertandingan. Kekhawatirannya non teknis, aku menjaga istrahat, makanan, latihan." lanjutnya.

Rekomendasi