Beberapa Kebiasaan yang Membuat Awet Muda, Lakukan Hal-Hal Berikut!

| 08 Feb 2023 07:03
Beberapa Kebiasaan yang Membuat Awet Muda, Lakukan Hal-Hal Berikut!
Ilustrasi kebiasaan yang membuat awet muda (Foto: Pixabay)

ERA.id - Sebagian besar orang tentunya ingin tetap terlihat awet muda sehingga mengupayakannya dengan merawat tubuh dan wajah mereka. Usia yang bertambah tentunya merupakan hal yang pasti dialami semua orang. Namun, memiliki penampilan yang awet muda sangat mungkin untuk diwujudkan. Sebab, ada kebiasaan yang membuat awet muda yang dapat kita terapkan sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin terlihat awet muda, dapat menerapkan kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan konsisten. Di bawah ini adalah rutinitas atau kebiasaan yang membuat awet muda dirangkung dari beberapa sumber:

Olahraga

Rajin menjalankan olahraga terbukti menjadikan Anda awet muda. Studi dari McMaster University menyimpulkan bahwa orang yang berumur 40 tahun dan rajin olahraga mempunyai kulit seperti pemuda yang berusia 20 tahun.

Olahraga juga dapat menghasilkan hormon dan zat yang mampu memperlambat penuaan pada kulit, serta menurunkan stres yang mengakibatkan penuaan.

Setiap orang dianjurkan berolahraga secara rutin selama 150 menit setiap minggu atau setara 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

Menggunakan skincare

Dengan membersihkan wajah dan badan selepas beraktivitas secara rutin, lalu menggunakan skincare sesuai dengan jenis kulit, adalah salah satu kebiasaan yang menjadikan Anda awet muda.

Semakin bertambahnya usia, kelembapan dan juga elastisitas kulit juga ikut mengkerut. Jika tidak menjalankan perawatan dengan baik, maka kondisi ini berisiko memunculkan tanda-tanda penuaan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya ketika keluar ruangan, rajin menggunakan pelembap, menjalani eksfoliasi, dan selalu membersihkan wajah serta badan sebelum istirahat atau tidur.

Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu rahasia awet muda secara alami. Selain membantu dalam pembakaran kalori, tidur yang cukup sekitar 7-9 jam dalam sehari bagi orang dewasa diyakini dapat menghambat tanda-tanda penuaan secara dini.

Sebab, saat Anda tertidur, tubuh akan mengalami proses regenerasi sel termasuk kulit, sel lama akan tergantingan dengan sel baru sekaligus memperbaiki peradangan sel rusak yang dapat menimbulkan penuaan dini.

Mengutip Eatthis, penelitian terbaru dari BRAIN melaporkan bahwa kebiasaan tidur kurang dari 6,5 jam berhubungan dengan penurunan kognitif maupun daya ingat yang lebih besar.

Mengelola stres

Liburan adalah salah satu kebiasaan yang membuat awet muda (Foto: Pixabay)

Seperti yang diketahui, stres dapat meningkatkan hormon peradangan yang dapat merusak sel tubuh dan membuat proses penuaan lebih cepat.

Pengelolaan stres dengan baik tentunya menjadi hal yang sangat penting jika Anda ingin tetap awet muda dan mendapatkan tubuh yang sehat.

Anda dapat melakukan meditasi, pilates, yoga, pergi berlibur, dan juga mengisi waktu bersama orang-orang tersayang, atau sebatas menyalurkan hobi sesuai minat.

Rutin mengonsumsi air putih

Kebiasaan yang membuat awet muda berikutnya adalah minum air putih cukup setiap hari agar kulit tetap tampak segar dan memperlambat penuaan dini.

Jika tubuh Anda kurang terhidrasi, kondisi ini akan memicu peradangan yang mempercepat tanda-tanda penuaan dan juga mempengaruhi fungsi otak.

Bagi orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari. Selain itu, hindari minuman kemasan instan yang mengandung gula, alkohol, atau kopi, teh yang tinggi dengan kandungan gula tambahan.

Mengonsumsi makanan bergizi

Salah satu hal yang membantu proses awet muda adalah membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan rutin.

Buah dan sayuran yang tinggi dengan kandungan antioksidan memberikan peranan penting untuk melawan radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dan juga kerusakan kulit.

Selain makanan yang mengandung nutrisi sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan olahan tinggi gula, garam, dan lemak, sebab berisiko tinggi menimbulkan penuaan yang lebih cepat.

Mengurangi asupan tinggi gula

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan juga minuman dengan kandungan gula tambahan yang tinggi juga diyakini dapat meningkatkan peradangan kulit penyebab cepat tua.

Ketika kulit Anda mendapatkan peradangan, dampaknya dapat menghasilkan enzim tertentu yang dapat merusak kolagen sehingga mempengaruhi elastisitas dan kulit akan tampak keriput.

Kelebihan asupan tinggi gula juga berpengaruh besar atas kenaikan berat badan dan berpotensi menyebabkan penyakit kronis antara lain obesitas, diabetes, ginjal, sampai jantung.

Demikianlah uraian tentang kebiasaan yang membuat awet muda. Anda dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk tetap mendapatkan kulit dan tubuh yang sehat sehingga akan tetap awet muda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi