Ciri-Ciri Lambung Stres, Penyebab, dan Cara Penanganannya

| 09 Feb 2023 15:05
Ciri-Ciri Lambung Stres, Penyebab, dan Cara Penanganannya
Ilustrasi lambung stres (Pexels/Sora Shimazaki)

ERA.id - Tahukah Anda, ternyata selain pikiran, lambung juga bisa mengalami stres. Kondisi ini merupakan penggambaran dari gejolak emosi seseorang yang berpengaruh terhadap tubuh dan organnya. Lalu seperti apa ciri-ciri lambung stres?

Seringkali perawatannya mencakup teknik untuk menangani kecemasan, stres, dan ketegangan. Untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan di bawah ini.

Ciri-Ciri Lambung Stres

Lambung yang diserang nyeri kemungkinan ada hubungannya dengan kondisi emosional maupun kesehatan mental. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan atau usus. Bahkan, bisa menjadi tanda masalah yang lebih berat.

Beberapa gejala umum dan ciri-ciri lambung stres yang biasa ditemukan antara lain:

  • Sakit perut atau mual.
  • Gangguan pencernaan, atau cepat kenyang saat makan.
  • Merasa seperti ada kupu-kupu beterbangan di perut.
  • Mengalami sesak, bergejolak, dan kram di perut.
  • Merasa gugup atau cemas.
  • Sering buang air kecil dan buang air besar.
  • Gemetar, menggigil, otot berkedut.
  • Kerap mengalami kembung.
  • Perasaan hangat, berdebar-debar, atau kembung di ulu hati.

Penyebab Terjadinya Lambung Stres

Saluran pencernaan mempunyai sistem saraf sendiri yang dikenal sebagai sistem saraf enterik. Ujung saraf dalam perut memberikan respons atau tanggapan terhadap hormon stres yang dikeluarkan otak.

Ilustrasi pemicu lambung stres (Pixabay)

Hal ini merupakan bagian dari respons fight-or-flight, yang mengakibatkan hormon stres memberi sinyal pada perut untuk melambat. Hal ini menjadikan lebih banyak darah yang terpompa ke paru-paru dan otot. Seseorang bisa jadi sering mengalami tingkat stres yang tinggi, dan dapat meniru respons fight-or-flight.

Adapun beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya lambung stres yaitu:

  • Perceraian
  • Perubahan di tempat kerja
  • Pindah rumah
  • Acara penting, seperti tes atau presentasi
  • Masalah keuangan
  • Masalah hubungan atau keluarga
  • Kematian orang yang dicintai
  • Penyakit kronis 

Cara Mengatasi Lambung Stres

Setelah memahami ciri-ciri lambung stres dan penyebabnya, tentu Anda juga harus memahami cara penanganannya. Lambung yang stres dapat diobati dengan pengobatan alami, serta perubahan gaya hidup.

Di bawah ini adalah beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan:

Mengonsumsi Obat Herbal

Obat herbal tertentu mampu membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada perut. Jika Anda mengalami mual, minuman jahe dapat membantu. Anda bisa mengonsumsi teh jahe atau makan permen jahe.

Pada tahun 2019, Studi di jurnal Food Science and Nutrition menyebutkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, contohnya mual.

Sedangkan herbal lain, seperti lavender, spearmint, peppermint, atau lemon balm, juga menjadi obat alami yang digunakan untuk masalah pencernaan.

Bahan-bahan tersebut diyakini dapat menghentikan kejang dan mengencangkan otot polos yang mengakibatkan perut kembung dan kram.

Latih Pernapasan Dalam dan Meditasi

Latihan mental juga dapat membantu fokus pada pernapasan dan membawa kesadaran Anda hadir dan utuh pada saat ini. Hal ini diyakini dapat mengelola stres dan kecemasan yang mengakibatkan lambung stres.

Jika Anda menyukai meditasi atau mempunyai trik mental lain yang menenangkan juga boleh untuk dicoba.

Hindari Kafein Seperti Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memicu kegugupan dan kecemasan, sehingga membuat keadaan lebih buruk.

Terlebih, kopi juga memberikan rangsangan bagi usus, serta memperburuk gejala pencernaan yang dialami. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, sebaiknya tunda dulu minum kopi hingga lambung yang stres menjadi tenang.

Anda juga dapat mencoba pilihan lainnya dengan mengonsumsi minuman berkafein yang kurang merangsang seperti teh hijau atau teh oolong.

Ambil Jeda Sejenak untuk Santai

Dapatkan waktu dan ruang untuk diri sendiri agar pikiran Anda semakin jernih dan dapat mengendalikan kegugupan.

Jika berbicara dengan teman, anggota keluarga, atau orang yang dicintai dapat membantu, tak ada salahnya melakukan hal ini.

Sebab, berbicara dengan seseorang yang Anda percaya juga dapat membantu mengatasi kecemasan.

Gunakan Diffuser dengan Minyak Esensial

Minyak esensial dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan, yang telah dikenal dapat mengurangi kecemasan. Anda dapat mencobanya dengan diffuser minyak esensial yang menenangkan, misalnya vetiver, chamomile, lavender, atau mawar.

Lakukan hal ini sembari bersantai dan merelaksasi diri sendiri ketika lambung Anda stres.

Demikianlah penjelasan tentang ciri-ciri lambung stres beserta cara penanganannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi