Mudah Dijumpai, Berikut Beberapa Manfaat Temulawak untuk Lambung

| 22 Oct 2022 08:01
Mudah Dijumpai, Berikut Beberapa Manfaat Temulawak untuk Lambung
Ilustrasi Temulawak (Foto: gastro.be)

ERA.id - Dalam pembuatan ramuan tradisional, salah satu jenis herbal yang kerap dimanfaatkan oleh tabib atau peramu adalah temulawak. Pada umumnya, temulawak digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan jamu yang memberikan banyak khasiat untuk tubuh. Khususnya permasalahan yang terjadi pada organ lambung.

Ilustrasi sakit lambung. (Freepik/Mdjaff))

Selain berguna untuk mengatasi permasalah pada organ lambung, tentunya ada manfaat lain dari temulawak yang jarang diketahui orang pada umumnya. Pengetahuan mengenai manfaat herbal satu ini tentunya penting agar kita bisa memfungsikan salah satu herbal yang dapat dijumpai di dapur ini. Apa saja khasiat dari temulawak? Simak khasiatnya yang dijelaskan di bawah ini.

Mengatasi Perut Kembung

Tidak hanya terjadi pada anak-anak, perut kembung juga sering dialami oleh orang dewasa. Penyebab dari perut kembung ini sendiri ada banyak faktor.

Salah satu penyebab dari perut kembung ini adalah adanya gas yang berlebih. Tentunya kondisi ini akan membuat aktivitas Anda tidak nyaman, bukan? Oleh sebab itu, temulawak dapat menjadi jawaban dari permasalahan ini.

Membantu Menambah Nafsu Makan

Tentunya Anda pernah menyaksikan iklan tentang temulawak yang berfungsi sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak. Ternyata, fakta tersebut memang tepat, tapi Anda tentunya tidak dapat menyodorkan temulawak langsung kepada anak yang membutuhkan.

Anda harus mengolahnya terlebih dulu dengan cara yang tepat agar anak-anak dapat bersahabat dengan temulawak. Bahan herbal jenis ini diyakini mampu mengosongkan perut atau pencernaan dengan cara yang alami dan aman. Hal inilah yang menjadikan nafsu makan si anak kembali lagi setelah perutnya merasa lapar.

Membantu Mengatasi Maag

Masalah lambung yang kerap dialami semua kalangan adalah maag. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keluhan maag, antara lain jenis makanan yang dikonsumsi, pola makan yang tidak teratur, dan juga pikiran yang menimbulkan kecemasan atau stres. Secara teknis, maag sendiri terjadi karena adanya peningkatan kadar asam pada lambung sehingga menyebabkan peradangan.

Gejala yang dialami oleh penderita maag antara lain mual, perut terasa nyeri, nafsu makan semakin berkurang, perut kembung, dan sebagainya. Untuk mengobati maag, Anda bisa mencoba menggunakan bahan temulawak dengan mengolahnya secara tepat.

Mencegah Kerusakan Pada Mukosa Lambung

Temulawak juga ternyata dapat difungsikan sebagai pencegah kerusakan mukosa pada lambung. Mukosa ini memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh.

Sebab, pertahanan mukosa yang terganggu akan menjadikan pepsin dilepas dengan jumlah yang amat besar, sehingga kondisi ini akan menimbulkan pendarahan pada dinding lambung. Temulawak juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi mukosa lambung agar tidak rusak.

Antioksidan yang dimaksud dalam temulawak di sini adalah flavonoid, kurkumin, dan juga fenol. Oleh sebab itulah bahan alami ini cukup banyak dicari banyak orang karena manfaatnya yang luar biasa.

Meredakan Tukak Lambung

Mukosa lambung yang rusak dan diikuti oleh inflamasi dapat mengakibatkan tukak lambung. Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi helicobacter pylori, hingga karena pemakaian obat-obatan anti inflamasi non steroid alias NSAID.

Dalam salah satu penelitian, dituliskan jika ekstrak temulawak dapat mengatasi dan juga meredakan kondisi tukak lambung. Kondisi ini dikarenakan adanya efek samping dari pemakaian indometasin, yaitu salah satu jenis obat golongan NSAID.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang mengalami masalah tentu akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Untuk mengantisipasinya, Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti temulawak ini. Sebab, temulawak memang diyakini mampu memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan yang bermasalah.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa manfaat temulawak untuk lambung. Untuk pengolahannya sendiri, Anda dapat menanyakan langsung kepada ahli herbal atau peracik jamu, karena setiap orang memiliki takaran yang berbeda-beda dalam pengonsumsian herbal.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi