Apakah Penyakit Paru-Paru Menular? Begini Penjelasan Medisnya

| 18 Feb 2023 10:05
Apakah Penyakit Paru-Paru Menular? Begini Penjelasan Medisnya
Apakah penyakit paru-paru menular (unsplash)

ERA.idParu-paru adalah bagian dari sistem pernapasan dan bisa terkena berbagai jenis penyakit. Penyakit paru-paru dapat menyebabkan gejala seperti sesak napas, batuk, dan produksi dahak. Lantas, apakah penyakit paru-paru menular?

Beberapa penyakit yang dapat menyerang paru-paru, seperti:

●        Infeksi paru-paru: seperti pneumonia, bronkitis, dan tuberkulosis

●        Penyakit jantung dan paru-paru: seperti sindrom kor pulmonale, hipertensi paru

●        Penyakit saluran napas: seperti asma, bronkitis kronis, dan emfisema

●        Kanker paru-paru: kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling sering menyerang paru-par

●        Penyakit paru-paru oleh partikel atau zat kimia: seperti penyakit paru-paru akibat asap rokok, radang paru-paru akibat debu, dan penyakit paru-paru akibat zat kimia

Beberapa jenis penyakit paru-paru bisa disembuhkan, sementara beberapa jenis lainnya bisa memburuk dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru dan menemukan tanda-tanda dini dan mengobati penyakit paru-paru secepat mungkin.

Apakah Penyakit Paru-Paru Menular?

Dilansir dari laman NHS, penyakit paru-paru seperti pneumonia (pembengkakan (peradangan) jaringan pada salah satu atau kedua paru-paru) bisa menular. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi, umumnya bakteri dan virus, yang keduanya menular.

Kuman yang dapat menyebabkan pneumonia biasanya terhirup. Orang seringkali memiliki sejumlah kecil kuman di hidung dan tenggorokan yang dapat ditularkan melalui:

●        batuk dan bersin - yang meluncurkan tetesan kecil cairan yang mengandung kuman ke udara, yang dapat dihirup oleh orang lain

●        menyentuh suatu benda dan memindahkan kuman ke benda tersebut - orang lain dapat menyentuh benda ini dan kemudian menyentuh mulut atau hidung mereka sendiri

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Paru-Paru dan Pneumonia

Anda dapat membantu mencegah penyebaran pneumonia dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan kebersihan sederhana termasuk:

●        mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh, terutama setelah menyentuh hidung dan mulut Anda, dan sebelum memegang makanan

●        batuk dan bersin ke dalam tisu, lalu segera membuangnya dan mencuci tangan Anda

●        tidak berbagi cangkir atau peralatan dapur dengan orang lain

●        Menjaga jarak dengan orang yang sakit.

●        Menjaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin.

●        Menjaga jarak dengan orang yang sakit dalam waktu yang lama.

●        Menjaga jarak dengan orang yang sakit dalam waktu yang lama.

●        Vaksinasi: Vaksin pneumokokus melindungi dari Streptococcus pneumoniae, yang merupakan penyebab paling umum dari pneumonia bakteri.

Selain pneumonia , terdapat beberapa jenis penyakit paru-paru bisa menular lainnya, tergantung pada jenis dan penyebab penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa jenis penyakit paru-paru yang bisa menular:

●        Infeksi paru-paru: seperti pneumonia dan bronkitis, dapat menular melalui tetesan udara saat batuk atau bersin.

●        Tuberkulosis (TB): bakteri yang menyebabkan tuberkulosis dapat menyebar melalui udara saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

●        Virus pernapasan: seperti flu atau infeksi saluran napas akut, dapat menular melalui tetesan udara saat batuk atau bersin.

Apa ciri ciri penyakit paru-paru?

Apa ciri ciri penyakit paru-paru (unsplash)

Berikut adalah beberapa gejala yang sering muncul pada penyakit paru-paru:

●        Batuk: Batuk kronis dengan atau tanpa dahak bisa menjadi tanda dari beberapa jenis penyakit paru-paru.

●        Sesak napas: Terasa kesulitan bernapas atau merasa sesak napas bisa menjadi tanda dari penyakit paru-paru.

●        Nyeri dada: Nyeri dada saat bernapas atau batuk bisa menjadi tanda dari beberapa jenis penyakit paru-paru.

●        Demam: Demam bisa menjadi tanda dari infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

●        Lemah: Merasa lelah dan lesu bisa menjadi tanda dari infeksi paru-paru atau tuberkulosis.

●        Kurang nafsu makan: Kurang nafsu makan dan kehilangan berat badan bisa menjadi tanda dari beberapa jenis penyakit paru-paru.

●        Tetapi, gejala-gejala ini bisa juga menunjukkan masalah kesehatan lain, seperti masalah jantung, saluran napas atau masalah kulit. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Selain apakah penyakit paru-paru menular, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi