Apa Itu Sel Punca dan Apakah Benar Bisa Memperbaiki Organ Manusia?

| 21 Feb 2023 16:04
Apa Itu Sel Punca dan Apakah Benar Bisa Memperbaiki Organ Manusia?
Apa itu sel punca (Unsplash)

ERA.id - Penggunaan sel punca juga memiliki kontroversi etis karena perolehannya melibatkan penghancuran embrio pada sel punca embrionik. Apa itu sel punca? Temukan jawabannya melalui artikel ini.

Anda mungkin pernah mendengar tentang sel punca dalam berita, dan mungkin juga bertanya-tanya apakah sel punca dapat membantu manusia atau orang yang Anda cintai yang menderita penyakit serius.

Selain itu, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu sel punca, bagaimana sel punca digunakan untuk mengobati penyakit dan cedera, dan mengapa sel punca menjadi bahan perdebatan sengit.

Berikut ini adalah beberapa jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan tentang sel punca.

Apa itu sel punca?

Dilansir dari mayoclinic, sel punca adalah bahan mentah tubuh dengan fungsi khusus yang dapat dihasilkan. Dalam kondisi yang tepat di dalam tubuh atau laboratorium, sel punca membelah diri untuk membentuk lebih banyak sel yang disebut sel anak.

Sel-sel anak ini menjadi sel punca baru atau sel khusus (diferensiasi) dengan fungsi yang lebih spesifik, seperti sel darah, sel otak, sel otot jantung, atau sel tulang. Perlu diketahui, tidak ada sel lain di dalam tubuh yang memiliki kemampuan alami untuk menghasilkan jenis sel baru.

Sel punca memiliki potensi besar dalam bidang medis, karena kemampuannya untuk menghasilkan sel dan jaringan baru dalam tubuh, yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan jaringan atau organ.

Terdapat dua jenis sel punca utama, yaitu sel punca embrionik dan sel punca dewasa. Sel punca embrionik diperoleh dari embrio pada tahap awal perkembangan dan memiliki potensi untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh. Namun, penggunaan sel punca embrionik sangat terbatas karena perolehannya melibatkan penghancuran embrio, yang dapat menimbulkan kontroversi etis.

Sel punca dewasa, di sisi lain, ditemukan di berbagai bagian tubuh seperti sumsum tulang, kulit, hati, dan otak. Sel punca dewasa memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan dan organ yang rusak atau mengganti sel-sel yang mati. Sel punca dewasa ini dapat diperoleh dari donor yang telah melalui prosedur khusus atau dari tubuh sendiri.

Sel punca sangat penting dalam pengembangan teknologi medis regeneratif karena kemampuannya untuk menghasilkan sel dan jaringan baru dalam tubuh. Penelitian tentang sel punca sedang dilakukan untuk mengembangkan terapi sel punca untuk penyakit yang sulit disembuhkan seperti kanker, diabetes, dan kerusakan jaringan saraf.

Apa Saja Fungsi Sel Punca?

Sel punca memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengembangan dan pemeliharaan organ dan jaringan dalam tubuh manusia. Berikut adalah beberapa fungsi utama sel punca:

  1. Pemeliharaan dan perbaikan jaringan

Sel punca dewasa dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak atau mengganti sel-sel yang mati dalam tubuh. Sel punca akan memperbanyak diri secara tak terbatas dan memproduksi sel-sel baru yang kemudian akan berdiferensiasi menjadi sel-sel jaringan yang dibutuhkan. Proses ini dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan atau organ yang terjadi karena penyakit atau cedera.

  1. Regenerasi organ

Sel punca dapat membantu meregenerasi organ yang rusak atau terganggu fungsi fungsinya. Contohnya, pada kasus gagal jantung, sel punca yang diperoleh dari sumsum tulang dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan pada jantung dan meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah.

  1. Terapi sel punca

Sel punca memiliki potensi besar sebagai terapi sel untuk penyakit-penyakit degeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, dan diabetes. Terapi sel punca dapat memperbaiki kerusakan sel-sel yang rusak dalam tubuh dan memperbaiki fungsi organ yang terpengaruh.

  1. Studi biologi dan genetika

Sel punca dapat menjadi sumber untuk studi tentang perkembangan dan diferensiasi sel dalam tubuh. Penelitian tentang sel punca dapat membantu mengungkapkan mekanisme genetik dan biologis yang mendasari perkembangan dan diferensiasi sel dalam tubuh.

Dalam pengembangan teknologi medis regeneratif, sel punca memiliki potensi besar untuk membantu mengatasi penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan. Meskipun masih banyak tantangan dan kontroversi dalam penggunaannya, sel punca terus menjadi topik yang menarik dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesehatan.

Selain apa itu sel punca, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi