Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang, Bisa dengan Nanas dan Yogurt

| 26 Feb 2023 07:05
Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang, Bisa dengan Nanas dan Yogurt
Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang (unsplash)

ERA.id - Bau mulut atau dalam dunia medis disebebut halitosis adalah kondisi di mana mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang? Mari simak selengkapnya melalui artikel berikut.

Salah satu penyebab bau mulut adalah gigi berlubang atau karies gigi. Ketika gigi berlubang, sisa makanan atau plak bakteri dapat menumpuk di dalam lubang gigi dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Gigi Bau Busuk, Apa Saja Penyebabnya?

Dilansir dari healthline, bau mulut biasanya berasal dari bakteri saat Anda makan dan tersangkut di gigi. Bakteri yang tumbuh pada sisa-sisa makanan ini, melepaskan senyawa sulfur yang berbau busuk.

Penyebab paling umum dari bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk. Jika Anda tidak sering menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, bakteri dalam mulut Anda akan terus berkembang, dan lapisan tipis bakteri yang dikenal sebagai plak akan menumpuk di gigi Anda.

Ketika plak tidak disikat setidaknya dua kali sehari, plak akan menghasilkan bau busuk dan menyebabkan proses lain yang berbau, yaitu pembusukan gigi.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang?

  1. Rajin Membersihkan Gigi

    Wajib sikat gigi sebanyak dua kali sehari (Unsplash)

Menurut studi penelitian dan sumber terpercaya, kebersihan gigi yang buruk adalah penyebab paling umum dari bau mulut. Mencegah penumpukan plak adalah kunci untuk menjaga kesehatan mulut.

Untuk itu, Anda harus menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride selama dua menit setidaknya dua kali sehari (pagi dan malam).

Beberapa orang merasa bahwa menyikat gigi setelah makan adalah penting untuk mencegah pembusukan dan bau mulut. Untuk mencegah bakteri tumbuh pada sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi, gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

  1. Jus nanas

Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk mengatasi bau mulut. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini, laporan anekdot menunjukkan bahwa hal itu berhasil.

Minumlah segelas jus nanas organik setiap kali selesai makan, atau kunyahlah sepotong nanas selama satu hingga dua menit. Penting juga untuk diingat untuk berkumur dengan air putih untuk menghilangkan gula yang terkandung dalam buah dan jus buah.

  1. Air

Kekeringan pada mulut sering kali menyebabkan bau mulut. Air liur memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut Anda. Tanpa air liur, bakteri akan tumbuh subur.

Mulut Anda secara alami mengering saat Anda tidur, itulah sebabnya mengapa bau mulut biasanya lebih buruk di pagi hari.

Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Minum air putih (bukan minuman berkafein atau bergula) sepanjang hari akan membantu mendorong produksi air liur. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari.

  1. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus dan dapat menangkal radikal bebas. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh Anda, seperti usus.

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt juga dapat membantu mengurangi bau mulut. Sebuah penelitian menemukan setelah enam minggu mengkonsumsi yogurt, 80 persen partisipan mengalami penurunan bau mulut.

Probiotik dalam yogurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut. Untuk menggunakan yogurt untuk melawan bau mulut, makanlah setidaknya satu porsi per hari yogurt tawar tanpa lemak.

Selain cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi