Apa Itu Inner Child dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?

| 11 Mar 2023 18:06
Apa Itu Inner Child dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?
Apa itu inner child (unsplash)

ERA.id - Dianggap dapat mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita dan dapat mempengaruhi keputusan dan pilihan kita dalam kehidupan, apa itu inner child? Apakah suatu gangguan kesehatan mental?

Inner child dipahami sebagai konsep psikologis yang mengacu pada aspek kepribadian kita yang terbentuk selama masa kanak-kanak. Inner child mewakili perasaan, pemikiran, dan kenangan kita yang terbentuk pada masa kecil, yang membentuk diri kita saat ini.

Apa Itu Inner Child?

Banyak yang menelusuri konsep inner child dari psikiater Carl Jung, yang menggambarkan pola dasar anak dalam karyanya.

Dilansir dari healthline, Juhn menghubungkan inner child ini dengan pengalaman masa lalu dan kenangan akan kepolosan, keceriaan, dan kreativitas, serta harapan untuk masa depan.

Para ahli lain menggambarkan, inner child ini sebagai ekspresi bukan hanya diri anak Anda, tetapi juga pengalaman hidup Anda di semua tahap kehidupan. Inner child juga dikenal sebagai sumber kekuatan, karena pengalaman awal dapat memainkan peran penting dalam perkembangan Anda sebagai orang dewasa.

Perkembangan dapat berjalan dua arah: Ketika pengalaman masa kecil berdampak negatif pada Anda, inner child Anda dapat terus membawa luka-luka ini sampai Anda mengatasi sumbernya.

"Masing-masing dari kita memiliki inner child, atau cara menjadi diri sendiri," kata Dr. Diana Raab, seorang psikolog dan penulis. "Berhubungan dengan inner child Anda dapat membantu menumbuhkan kesejahteraan dan membuat hidup lebih ringan."

Dia menjelaskan bahwa inner child yang sehat mungkin tampak ceria, seperti anak kecil, dan menyenangkan, sementara inner child yang terluka atau trauma mental mungkin menghadapi tantangan sebagai orang dewasa, terutama ketika dipicu oleh peristiwa yang memunculkan kenangan akan luka di masa lalu.

Selain itu, inner child dapat mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita dan dapat mempengaruhi keputusan dan pilihan kita dalam kehidupan.

Jika Anda memiliki kenangan traumatis atau pengalaman yang tidak sehat selama masa kanak-kanak, inner child Anda dapat menjadi terluka dan terabaikan.

Dalam terapi, terapis dapat bekerja dengan klien untuk memahami dan merawat inner child mereka, memperbaiki luka-luka yang mungkin terjadi pada masa kanak-kanak dan memperbaiki hubungan mereka dengan diri mereka sendiri dan orang lain.

Bagaimana Mengetahui inner child?

Bagaimana Mengetahui inner child (unsplash)

Ada beberapa cara untuk mulai mengetahui inner child Anda, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Lakukan refleksi diri

Mulailah dengan merenungkan pengalaman-pengalaman masa kecil Anda, baik itu pengalaman positif atau negatif. Coba pikirkan kembali kegiatan atau kebiasaan yang Anda nikmati sebagai anak, seperti bermain dengan teman atau mengekspresikan diri melalui seni atau olahraga.

  1. Perhatikan emosi Anda

Perhatikan perasaan-perasaan yang muncul dalam diri Anda saat Anda memikirkan masa kecil Anda. Apakah Anda merasa senang, sedih, marah, atau takut? Identifikasi emosi ini dan coba menggali lebih dalam untuk mengetahui apakah ada kenangan atau pengalaman masa kecil yang terkait.

  1. Ingat kembali mimpi Anda

    Ingat mimpi-mimpi Anda (unsplash)

Ingat kembali mimpi-mimpi yang Anda miliki sebagai anak. Apakah ada tema atau pola yang muncul dalam mimpi Anda? Mimpi dapat memberikan wawasan tentang apa yang penting bagi Anda atau apa yang mengkhawatirkan Anda.

  1. Berbicara dengan orang tua atau saudara kandung

Bertanya kepada orang tua atau saudara kandung Anda tentang pengalaman masa kecil Anda dapat membantu Anda memahami inner child Anda dengan lebih baik. Mereka dapat memberikan perspektif dan informasi tambahan tentang masa kecil Anda.

  1. Terapi

Jika Anda ingin memperdalam pemahaman Anda tentang inner child Anda, Anda dapat mencari bantuan dari seorang terapis yang berpengalaman dalam pekerjaan dengan inner child.

Terapis dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki luka-luka yang mungkin terjadi pada masa kanak-kanak Anda, dan membantu Anda membangun hubungan yang lebih sehat dengan diri Anda sendiri dan orang lain.

Selain apa itu inner child, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi