Hubungan Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian serta Cara Mengetahuinya

| 19 Nov 2022 17:05
Hubungan Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian serta Cara Mengetahuinya
Ilustrasi kepribadian (unsplash)

ERA.id - Salah satu tradisi yang ada di dalam masyarakat Jawa adalah pengaitan weton tanggal lahir dan kepribadiadan yang dimiliki. Hal tersebut terlepas dari perhitungan yang didasarkan pada primbon.

Menurut KBBI, primbon merupakan kitab yang berisikan ramalan (perhitungan hari baik, hari nahas, dan sebagainya); buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib (rajah, mantra, doa, tafsir mimpi), sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur untuk mengadakan selamatan, mendirikan rumah, memulai perjalanan, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting, baik bagi perseorangan maupun masyarakat. Salah satu praktik dari hal tersebut adalah mencari hari baik untuk menikah.

Sementara, untuk mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan wetonnya, neptu dari orang tersebut harus diketahui dulu. Neptu merupakan hasil penjumlahan nilai hari dan nilai pasaran.

Ilustrasi kalender dengan pasaran (indonesia.go.id)

Hari berdasarkan kalendar Masehi, sedangkan pasaran berdasarkan kalender Jawa. Untuk lebih jelas, simak daftar hari dan pasaran beserta nilainya masing-masing untuk menghitung neptu.

1.    Hari

·         Minggu: bernilai 5

·         Senin: bernilai 4

·         Selasa: bernilai 3

·         Rabu: bernilai 7

·         Kamis: bernilai 8

·         Jumat: bernilai 6

·         Sabtu: bernilai 9

2.    Pasaran

·         Kliwon: bernilai 8

·         Legi: bernilai 5

·         Pahing: bernilai 9

·         Pon: bernilai 7

·         Wage: bernilai 4

Dari daftar di atas, Anda bisa menghitung nilai neptu-nya. Orang yang lahir pada hari Rabu Wage memiliki neptu 11. Nilai tersebut berasal dari nilai 7 (Rabu) + nilai 4 (Wage) = 17.

Setelah diketahui neptu-nya, Anda bisa memperkirakan watak atau karakter orang tersebut. Dikutip Era dari intisari.grid.id, berikut adalah penjelasannya.

Hubungan Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian

1.    Neptu 7, pendito kang lelaku

Orang yang lahir pada Selasa Wage punya neptu 7. Orang tersebut punya kepribadian senang bepergian jauh. Orang dengan neptu ini tidak tahan jika hanya berdiam diri di satu tempat pada waktu lama.

Tak heran jika orang tersebut suka pergi-pergi. Namun, mereka yang lahir pada Selasa Wage punya sifat sedikit pemalas dan sulit dalam hal komunikasi.

2.    Neptu 8, lakune geni

Neptu ini dimiliki oleh orang yang lahir pada Selasa Legi dan Senin Wage. Menurut primbon Jawa, orang tersebut punya watak suka mendendam dengan sifat seperti bara api (bisa membakar yang lain). Orang tersebut memiliki watak dengan emosi yang meledak-ledak hingga menimbulkan pertengkaran.

3.    Neptu 9, lakune angin

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Senin Legi dan Minggu Wage. Orang ini punya karakter lakune angin, mudah dipengaruhi orang lain dan tidak punya pendirian kuat. Namun, orang tersebut dikenal lincah dan kebal terhadap guna-guna.

4.    Neptu 10, pendito mbangun teki

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Selasa Pon dan Minggu Legi. Maksud dari karakter pendito mbangun teki adalah suka menasihati orang lain, tetapi tidak suka diberi nasihat oleh orang lain. Meski demikian, orang pemilik neptu ini dikenal cerdas dan tidak mudah tersinggung.

5.    Neptu 11, lakune setan

Pemilik nepti ini adalah oleh orang yang lahir pada Senin Pon, Jumat Legi, Rabu Wage, dan  Selasa Kliwon. Orang-orang tersebut dinilai tidak cocok menjadi pemimpin sebab dikenal sebagai orang yang plin-plan sehingga tidak bisa mengambil keputusan dengan baik.

6.    Neptu 12, lakune kembang

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Minggu Pon, Senin Kliwon, Selasa Pahing, Rabu Legi, dan Kamis Wage. Orang dengan neptu ini merupakan orang yang cinta damai. Orang tersebut merupakan pengalah, penurut, dan rajin.

7.    Neptu 13, lakune lintang

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Minggu Kliwon, Senin Pahing, Kamis Legi, Jumat Pon, dan Sabtu Wage. Lakune lintang punya padanan ‘laksana bintang’, artinya punya pesona yang luar biasa.

Dia bisa membuat orang suka berkumpul di sekitarnya. Namun, orang tersebut tidak bisa menjadi pemimpin sebab punya jiwa yang suka berpetualang, dengan kata lain sulit menetap.

8.    Neptu 14, lakune mbulan

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Minggu Pahing, Rabu Pon, Jumat Kliwon, dan Sabtu Legi. Orang tersebut merupakan pendengar dan pemberi saran yang baik. Selain itu, dia dikenal cerdas dan mudah bergaul.

9.    Neptu weton 15

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada pada Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing. Orang tersebut biasanya punya watak pendendam, tempramental, tidak suka diperintah, dan cenderung keras serta tegas.

10.  Neptu 16, lakune bumi

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Rabu Pahing, Kamis Kliwon, dan Sabtu Pon. Orang tersebut punya kepribadian suka mengayomi, mudah diatur, dan berhari lembut. Namun, jika orang tersebut marah bisa berubah menjadi pribadi yang menyeramkan.

11.  Neptu 17, lakune gunung

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Kamis Pahing dan Sabtu Kliwon. Orang tersebut diperkirakan punya watak moody, pendiam, dan terlalu baik. Orang tersebut bisa mudah diatur oleh orang yang bisa mengambil hatinya.

12.  Neptu 18, lakune paripurna

Pemilik neptu ini adalah orang yang lahir pada Sabtu Pahing. Orang dengan neptu ini memiliki watak egois, dominan, cenderung haus kekuasaan, dan tidak suka jika permintaannya ditolak.

Orang dengan neptu tersebut juga mudah marah, tetapi mudah pula untuk reda (amarahnya).

Itulah beberapa informasi terkait weton tanggal lahir dan kepribadian. Terkait kepercayaan terhadap kebenarannya, itu menjadi hak masing-masing orang. Namun yang pasti, ini merupakan salah satu tradisi yang masih hidup di Indonesia.

Rekomendasi