Penyebab dan Gejala Wasir, Segera Obati Sebelum Terjadi Pendarahan

| 10 Mar 2023 21:05
Penyebab dan Gejala Wasir, Segera Obati Sebelum Terjadi Pendarahan
Ilustrasi sakit wasir (Freepik/katemangostar)

ERA.id - Ambeien atau wasir adalah masalah kesehatan yang mengganggu kenyamanan penderitanya. Penyakit ini dalam bahasa medisnya disebut dengan hemoroid. Wasir adalah penyakit munculnya benjolan di dalam rektum atau anus. Namun masih banyak orang yang tidak tahu apa saja gejala wasir.

Penderita wasir akan merasa tidak nyaman saat duduk maupun ketika buang air besar (BAB). Penyakit ini umumnya diawali dengan gejala ringan dan banyak yang tidak menyadarinya. Padahal apabila diabaikan atau dibiarkan, wasir bisa menjadi lebih parah hingga terjadi pendarahan. 

Ilustrasi orang tua sakit wasir (Freepik)

Wasir termasuk dalam kelompok penyakit yang menyerang pembuluh darah. Orang yang menderita wasir akan mengalami rasa nyeri atau sakit di area anus. Lantas apa saja penyebab dan gejala wasir?

Penyebab Wasir atau Ambeien

Penyakit wasir terjadi karena pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami pembengkakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya penyakit ini, sebagai berikut.

  • Mengejan secara berlebihan saat buang air besar
  • Duduk terlalu lama saat di toilet
  • Faktor genetik karena ada anggota keluarga yang memiliki riwayat hemoroid
  • Komplikasi dari konstipasi atau sembelit taraf kronis

Selain sejumlah faktor itu tadi, ada beberapa penyebab lain munculnya penyakit wasir. Wasir juga bisa disebabkan oleh faktor, seperti berat badan berlebih, usia, duduk terlalu lama, kehamilan, hingga kerap berhubungan seksual lewat anus. 

Gejala Penyakit Wasir

Penyakit wasir seringkali tidak menimbulkan gejala yang dirasakan oleh penderitanya. Itulah mengapa banyak penderita wasir yang mengabaikan penyakit ini. Gejala wasir biasanya diawali dengan rasa gatal dan nyeri ringan di area anus. 

Berikut gejala lainnya yang terjadi pada seseorang yang menderita penyakit wasir:

  • Keluarnya darah saat BAB. Darahnya biasanya berwarna merah terang.
  • Mengeluarkan lendir setelah BAB.
  • Muncul benjolan yang tergantung di luar anus. Biasanya benjolan ini harus didorong dengan jari agar bisa masuk ke dalam setelah BAB.
  • Terasa gatal di daerah sekitar anus.
  • Terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri serta kemerahan di sekitar anus.
  • Tingkat Keparahan Penyakit Wasir

Penyakit wasir dibagi dalam dua jenis, yaitu wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Penderita wasir luar atau eksternal mengalami pembengkakan pembuluh darah yang tampak dari luar. Wasir luar menimbulkan rasa lebih nyeri dibandingkan wasir dalam.

Penderita wasir dalam atau internal mengalami pembengkakan pembuluh darah yang tidak terlihat dari luar. Wasir internal dikelompokkan menjadi beberapa tingkatan berdasarkan ukuran dan tingkat keparahannya, sebagai berikut:

  • Derajat satu: terjadi pembengkakan kecil dan muncul benjolan di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus
  • Derajat dua: terjadi pembengkakan lebih besar dan benjolannya keluar dari anus saat buang air besar (BAB). Benjolan akan masuk kembali dengan sendirinya setelah BAB
  • Derajat tiga: Munculnya satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung di anus. Benjolan ini bisa didorong untuk masuk kembali.
  • Derajat empat: muncul benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

Cara Mengobati Wasir

Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit wasir. Saat merasakan gejala wasir, Anda harus segera mengobatinya agar tidak terjadi pembengkakan, pecah, maupun terpelintir. Berikut cara atau tips pengobatan yang bisa Anda lakukan.

  • Mengoleskan salep wasir
  • Mengonsumsi obat pelancar BAB
  • Menjalani operasi pengangkatan wasir
  • Menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makan bergizi dan menambah asupan serat. 

Perlu diingat bahwa penanganan wasir pada setiap orang juga bisa berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahannya. Untuk menghindari wasir, Anda beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, seperti rutin olahraga, banyak minum air putih, hindari duduk terlalu lama, jangan menunda BAB, jangan mengejan berlebihan saat BAB.

Demikianlah ulasan mengenai gejala wasir atau ambeien. Banyak penderita wasir yang mengabaikan penyakit ini. Padahal apabila dibiarkan maka kondisi wasir akan bertambah parah hingga mengakibatkan terjadinya pendarahan. Jadi apabila Anda merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pengobatan atau berkonsultasi dengan dokter. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi