5 Gejala Nyeri Lutut dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai

| 26 May 2023 07:24
5 Gejala Nyeri Lutut dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai
Ilustrasi nyeri lutut (Unsplash/Terry Shultz P.T.)

ERA.id - Nyeri lutut adalah keluhan umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Nyeri lutut mungkin disebabkan oleh cedera, seperti ligamen atau tulang rawan yang robek. Kondisi medis — termasuk radang sendi, asam urat, dan infeksi — juga dapat menyebabkan nyeri lutut.

dr. Ferius Soewito, Sp.KFR, AIFO-K, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Klinik Flex Free mengatakan, nyeri lutut terkadang mulai terasa tiba-tiba, setelah cedera, olahraga atau melakukan hobi seperti menari. Nyeri lutut juga bisa dimulai sebagai ketidaknyamanan ringan, kemudian perlahan-lahan menjadi lebih buruk.

Nyeri pada lutut tidak boleh disepelekan. Perlu ketahui, nyeri pada bagian lutut bisa menjadi indikasi berbagai penyakit berbahaya seperti asam urat, pendarahan dalam sendi, dan lain sebagainya.

Gejala Nyeri Lutut

Lokasi dan tingkat keparahan nyeri lutut dapat bervariasi, tergantung penyebab masalahnya. Beberaa tanda dan gejala yang terkadang menyertai nyeri lutut meliputi:

  • Bengkak dan kaku
  • Kemerahan dan terasa hangat saat disentuh
  • Lemahan atau ketidakstabilan
  • Popping atau berderak suara
  • Ketidakmampuan untuk meluruskan lutut sepenuhnya

5 Penyebab Terjadinya Nyeri Lutut

Rasa sakit atau nyeri pada lutut bisa terjadi karena ligamen maupun tulang yang robek atau terkilir. Berikut 5 penyebab utama terjadinya nyeri pada lutut yang wajib diketahui.

1. Jaringan tulang atau ligamen terkilir

Penyebab utama dari terjadinya rasa nyeri pada lutut adalah karena jaringan tulang atau ligamen yang terkilir. Hal ini bisa disebabkan karena saat bergerak atau beraktivitas kurang berhati – hati.

2. Bursitis

Bursitis merupakan rasa nyeri pada lutut yang terjadi akibat peradangan pada pelumas bantalan yang ada disekitar sendi. Ketika mengalami bursitis, maka pergerakan sendi menjadi terbatas.

3. Pendarahan dalam sendi

Kelainan genetik dan akibat cedera merupakan penyebab utama dari terjadinya pendarahan dalam sendi.

4. Infeksi sendi lutut

Rasa nyeri pada lutut bisa timbul ketika mengalami infeksi atau septic arthritis. Infeksi sendi lutut umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur yang menyerang sendi – sendi didalam tubuh.

5. Tendinitis

Bagi yang sering melakukan gerak aktif seperti berlari dan melompat, memiliki kemungkinan cukup besar mengalami tendinitis lutut. Orang yang mengalami tendinitis akan merasakan nyeri pada lutut dan sekitar area tendon. Penari tradisional yang banyak melakukan pertunjukan dalam posisi setengah jongkok juga berisiko mengalami cedera tersebut.

Rekomendasi