Perlu Ditunjang dengan Nutrisi, Psikolog Ungkap Beragam Manfaat Menggambar untuk Tingkatkan Kreativitas Anak

| 11 Mar 2023 15:20
Perlu Ditunjang dengan Nutrisi, Psikolog Ungkap Beragam Manfaat Menggambar untuk Tingkatkan Kreativitas Anak
Ilustrasi (Unsplash/KOBU Agency)

ERA.id - Menggambar ternyata miliki banyak manfaar bagi anak. Reti Oktania, M.Psi., Psikolog dari @thelittlewisdom_id menjelaskan, trdapat beragam manfaat bagi anak jika diberikan kesempatan untuk menggambar secara bebas (free drawing).

Menurutnya, anak tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas, namun anak juga dapat belajar banyak hal, mulai dari belajar sebab-akibat, sarana mengekspresikan diri, meningkatkan kemampuan motorik, hingga memungkinkan mereka untuk menuangkan ide dengan lebih dari satu cara.

"Adapun proses dan hasil karya anak bermula dari pengalamannya dalam mengenali lingkungan sekitar. Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk mengoptimalkan pengalaman yang positif bagi anak, mulai dari bagaimana menjaga kesejahteraan diri mereka, termasuk dengan mengkonsumsi makanan minuman bernutrisi, serta menciptakan lingkungan sehat yang berkelanjutan dan aman untuk perkembangan kemandirian anak," ujar psikolog Reti dalam press conference HiLo School Poster Drawing Competition (HPDC) 2023 baru-baru ini di Jakarta.

Salah satunya dengan mengonsumsi susu. Susu sendiri merupakan sumber protein yang tinggi kalsium, lebih rendah lemak, dengan DHA untuk tumbuh ke atas. Dengan nutrisi yang cukup anak-anak dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan anak-anak sekolah dasar dalam menyampaikan ide dengan baik.

Oleh karena itu, melalui program ini, HiLo School Lisa Arianti, Brand Associate HiLo School mengatakan, program ini juga menjadi ajang untuk HiLo School dapat mengedukasi gaya hidup sehat dan hijau kepada peserta, sejalan dengan kampanye Sekolah Sehat dari Kemendikbud-ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) serta mendukung upaya Sustainable Development Goals (SDGs).

“Ini menjadi tahun ke-10 HiLo School menggelar kompetisi menggambar dan tahun ini kami berinovasi dengan mekanisme kompetisi yang berbeda, di mana para peserta dapat menggambar poster berbasis proyek sesuai dengan tema “Misi Menjaga Diri dan Bumi”," tuturnya.

Lisa menambahkan, terkait dengan anjuran konsumsi makanan minuman bernutrisi, prduknya senantiasa berupaya menyajikan produk lebih rendah gula, rendah lemak, dan tinggi protein yang mampu mendukung pertumbuhan optimal anak.

Rekomendasi