Manfaat Susu Soya untuk Tumbuh Kembang Anak, Bunda Wajib Tahu!

| 22 Feb 2023 19:05
Manfaat Susu Soya untuk Tumbuh Kembang Anak, Bunda Wajib Tahu!
Manfaat susu soya (Foto: Pixabay)

ERA.id - Selain memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dari susu sapi, manfaat susu soya juga sangat beragam, salah satunya untuk pertumbuhan seorang anak. Jenis susu ini juga aman dikonsumsi oleh anak yang mempunyai alergi terhadap susu sapi.

Susu soya merupakan susu yang diproduksi dari bahan soya atau kacang kedelai yang digiling terlebih dahulu sebelum direbus. Selain untuk anak-anak, susu soya murni juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan memberikan beragam manfaat yang sama.

Sedangkan susu formula soya merupakan susu yang diformulasikan dari isolat protein soya serta bermacam-macam nutrisi lain yang berguna untuk pertumbuhan bayi dan anak. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain asam lemak omega-6, asam lemak omega-3, serat, vitamin, dan mineral.

Pada umumnya, susu soya dikonsumsi oleh anak dengan usia di atas 1 tahun dengan kondisi intoleransi laktosa, alergi terhadap protein susu sapi, serta anak vegetaria. Namun, meskipun demikian, susu formula soya juga bagus untuk dikonsumsi bagi anak yang normal dan sehat.

Manfaat Susu Soya bagi Anak yang Tidak Memiliki Alergi

Ilustrasi anak minum susu soya (Freepik/Mdjaff)

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang mengonsumsi susu soya mempunyai laju pertumbuhan yang normal, contohnya untuk tinggi badan, berat badan, serta lingkar kepala, seperti halnya anak yang rutin mengonsumsi susu sapi formula.

Selain memiliki nutrisi yang tidak kalah dari susu sapi formula, berikut adalah beberapa manfaat susu soya lain jika dikonsumsi oleh anak yang tidak mempunyai alergi, antara lain:

Membantu perkembangan otak

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi dalam susu soya sangat baik untuk perkembangan otak anak. Kedua jenis asam lemak dalam susu soya ini diyakini mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak, contohnya dalam hal berkonsentrasi dan mengingat.

Menyehatkan fungsi saluran pencernaan

Kandungan serat yang dominan dalam susu soya memberikan dampak baik untuk kesehatan saluran pencernaan anak. Serat bermanfaat untuk menjaga kualitas tinja, menjaga jumlah bakteri baik di usus, serta memudahkan proses buang air besar.

Walaupun demikian, tidak semua susu soya memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, saat membeli susu, Anda harus memastikan memilih susu formula soya yang kandungan seratnya tinggi. Anda dapat memastikan informasi ini pada label informasi gizi di kemasan susu.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu soya yang memiliki kandungan serat yang tinggi diketahui lebih memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada susu soya dengan formulasi khusus dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri baik.

Bakteri baik dalam usus memberikan peran yang besar terhadap kekebalan tubuh anak, antara lain menjaga keseimbangan sel-sel imun, memproduksi asam lemak, asam amino, dan vitamin yang seluruhnya dapat meningkatkan fungsi sistem imun.

Mendukung pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalam susu soya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang anak. Asupan kalsium yang tercukupi pada masa kanak-kanak dapat menguatkan dan menyehatkan pondasi tulang. Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang cukup juga berpotensi menjauhkan anak dari rakitis.

Manfaat Susu Soya untuk Anak Alergi

Susu soya yang memiliki formulasi khusus tidak memiliki kandungan laktosa sehingga aman untuk dikonsumsi anak yang menderita intoleransi laktosa. Selain itu, kandungan protein dalam susu soya tidak kalah dengan susu sapi formula, yang membuatnya berbeda hanyalah jenis proteinnya. Jenis protein yang ada pada susu soya lebih aman dan bersahabat untuk anak yang memiliki alergi susu sapi.

Selain itu, susu soya juga diyakini mengandung energi dan nutrisi yang cukup dengan kebutuhan anak. Dengan demikian, susu soya dapat digunakan untuk menggantikan susu sapi formula dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak, terlepas dari ada atau tidaknya alergi yang diderita anak.

Walaupun susu soya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan anak, pemberian ASI eksklusif masih menjadi pilihan terbaik. Jika pemberian ASI memang terbatas atau tidak dapat dilakukan, susu soya yang memiliki formulasi khusus dapat diberikan sebagai pendamping ASI maupun pengganti susu sapi formula.

Hal yang paling penting adalah Anda memenuhi kebutuhan nutrisi si anak. Untuk memahami apakah kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi, tentunya Anda perlu memeriksanya secara rutin ke dokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terkait jenis asupan nutrisi yang cocok dan terbaik bagi Si Kecil, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatannya.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat susu soya, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi