Makanan yang Harus Dihindari ketika Sakit Gigi, Awas Sebabkan Gigi Berlubang

| 26 Mar 2023 08:15
Makanan yang Harus Dihindari ketika Sakit Gigi, Awas Sebabkan Gigi Berlubang
Ilustrasi sakit gigi (Unsplash/Caroline FM)

ERA.id - Sakit gigi memang sangat mengganggu kenyamanan hingga merusak mood dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sakit gigi disebabkan oleh gangguan kesehatan pada gigi dan gusi. Jika Anda mengalaminya, ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika sakit gigi.

Rasanya benar seperti kata pepatah, “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Sakit gigi bisa membuat seseorang yang mengalaminya merasa sangat menderita. Selain bikin malas melakukan aktivitas, makan pun terasa tidak enak saat sakit gigi. Itulah mengapa penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari sakit gigi. 

Penyebab utama dari gangguan kesehatan gigi dan gusi adalah pada kebiasaan makan. Seringkali seseorang tidak sadar bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi bisa memicu sakit gigi. Lantas apa saja makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi?

Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Sakit Gigi

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kasus sakit gigi pada anak-anak paling sering ditemukan karena anak-anak biasanya cenderung tidak membatas atau memilih-milih makanan. Berangkat dari masalah ini, maka penting bagi orang tua untuk selalu menjaga pola makan sehat bagi anaknya sejak dini. 

Masalah sakit gigi pun juga kerap menimpa orang dewasa. Itulah mengapa pentingnya memilih makanan agar terhindar dari sakit gigi. Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari karena bisa menyebabkan sakit gigi. 

Permen Asam

Permen asam menempati urutan pertama sebagai makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan ini perlu dihindari karena bisa membuat gigi berlubang. Hampir semua jenis permen asam memiliki kandungan asam tinggi yang bisa mengikis enamel atau lapisan terluar gigi. 

Permen asam juga memiliki tekstur kenyal sehingga sangat mudah menempel pada gigi. Sisa permen asam yang menempel inilah yang menimbulkan plak dan karang gigi. Jika dibiarkan lama-lama gigi akan membusuk. Selain itu, menyikat gigi setelah mengonsumsi permen asam justru malah memperparah dampak kerusakan gigi.

Soda

Minuman bersoda juga bisa memicu sakit gigi karena minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Soda memiliki sifat yang bisa membuat mulut menjadi kering. Kondisi inilah yang memicu tumbuhnya bakteri jahat yang dapat merusak gigi. Minuman bersoda dengan warna gelap seperti kola juga dapat mengikis warna asli gigi sehingga gigi menjadi tampak kusam dan gelap.

Itulah mengapa minuman soda perlu dihindari untuk mencegah sakit gigi. Menyikat gigi setelah minum soda juga malah mempercepat pembusukan pada gigi. Untuk membersihkan gigi setelah minum soda, sebaiknya berkumur dan minum banyak air putih agar sisa-sisa soda yang menempel bisa hilang.

Es Batu

Banyak yang tidak menyadari bahwa es batu bisa memicu sakit gigi. Kebiasaan minum es batu bisa mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. Es yang dingin dapat merusak email gigi sehingga gigi lebih rentah retak dan patah. Sering mengunyah es batu juga bisa membuat gigi lama-lama menjadi longgar sehingga rentan copot. 

Biskuit

Para orang tua sering memberikan biskuit untuk cemilan anak. Padahal mengonsumsi biskuit secara berlebihan bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan ini mengandung karbohidrat olahan yang dapat berubah menjadi gula dan memicu tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Selain itu, sisa-sisa biskuit yang menumpuk di sela gigi juga akan merusak gigi.

Keripik Kentang

Keripik kentang menjadi salah satu cemilan yang banyak disukai. Namun makanan ini perlu dihindari ketika seseorang mengalami sakit gigi. Keripik kentang mengandung pati yang dapat menjadi gula dan tertinggal atau menempel di gigi. Kandungan gula inilah yang menjadi ladang tumbuhnya bakteri di dalam mulut dan menghasilkan asam. Produksi asam yang dibiarkan lama-lama akan menimbulkan plak di gigi.

Buah Kering

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, buah kering ternyata menjadi salah satu pemicu sakit gigi. Buah yang dikeringkan seperti kismis, plum, aprikot, sultana, dan lainnya memiliki rasa manis dan mudah lengket. Saat mengonsumsi buah ini biasanya akan ada sisa-sisa yang menempel di sela gigi. Kondisi ini akan memicu tumbuhnya bakteri hingga menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi. 

Popcorn

Ilustrasi popcorn (Unsplash/Kushagra Kevat)

Popcorn menjadi cemilan favorit untuk menemani aktivitas nonton film. Cemilan ini ternyata juga bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan ini mudah lengket atau tersangkut di sela-sela gigi. Sisa-sisa popcorn yang menempel tersebut bisa membuat gigi terkikis dan retak. 

Demikianlah sejumlah makanan yang yang harus dihindari dan bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan-makanan tersebut memang enak dan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak memperhatikan cara yang baik mengonsumsinya, maka bisa menimbulkan sakit gigi. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi