Perbedaan Susu UHT dan Full Cream, Mana yang Anda Pilih?

| 02 Apr 2023 07:15
Perbedaan Susu UHT dan Full Cream, Mana yang Anda Pilih?
Ilustrasi susu (pexels)

ERA.id - Sebagian orang ingin mengetahui perbedaan susu UHT dan full cream. Ini adalah hal yang dilematis sebab standar pengklasifikasiannya berbeda.

Secara singkat, susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang pengklasifikasiannya berdasarkan proses pengolahannya. Sementara, susu full cream merupakan jenis susu yang pengklasifikasiannya berdasarkan kandungan lemak yang ada di dalamnya.

Jadi, susu UHT dan susu full cream bukanlah jenis susu yang tidak bisa dibedakan secara apple to apple. Semua jenis susu bisa disebut susu UHT. Dengan kata lain, susu full cream pun bisa saja merupakan susu UHT jika proses pengolahannya sesuai standar susu UHT. Untuk lebih jelas, simak penjelasan berikut yang dikutip Era.id dari berbagai sumber.

Meraba Perbedaan Susu UHT dan Full Cream

Susu UHT merupakan semua jenis susu yang pengolahannya adalah dengan dipanaskan pada suhu tinggi, sekitar 135 derajat Celsius, selama 1–2 detik. Tujuan dari metode pengolahan ini adalah untuk membunuh bakteri di susu aman dikonsumsi. Selain itu, susu tersebut jadi memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan tanpa proses pemanasan dengan cara tersebut.

Anak kecil minum susu (pexels)

Kemudian, susu full cream merupakan susu dengan kandungan lemak asli yang tetap dipertahankan. Jadi, kandungan lemak pada susu full cream masih tinggi, sekitar 8 gram per gelas. Tingginya kadar lemak membuat susu ini berasa gurih dan legit.

Sebenarnya, pembanding susu full cream yang apple to apple adalah susu skim. Susu skim merupakan susu bubuk tanpa lemak yang pengolahannya adalah pengeringan atau spray dryer. Proses pengolahan tersebut menghilangkan sebagian air dan lemak, tetapi kandungan laktosa, protein, mineral, dan vitamin tetap dipertahankan.

Seperti diketahui, susu menjadi salah satu sumber kalsium, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Konsumsi kalsium harian yang disarankan bagi anak usia 1–6 tahun adalah 500 mg/hari, sedangkan anak usia 7–9 tahun adalah 600 mg/hari. Anda bisa mencari susu jenis apa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut.

Manfaat Kalsium bagi Anak

·         Kesehatan dan kekuatan tulang

Anak-anak butuh kalsium untuk menunjang pertumbuhan tulang yang sehat. Asupan kalsium harian yang cukup membuat anak bisa mencapai tinggi badan secara optimal. Selain itu, anak yang asupan kalsium hariannya terpenuhi terhindar dari risiko penyakit tulang, misalnya osteoporosis.

·         Kinerja jantung

Kesehatan otot jantung dan jaringan pembuluh darah anak bisa dijaga dengan memenuhi kebutuhan asupan kalsium hariannya. Ketika otot jantung dan jaringan pembuluh darah sehat, sistem peredaran darah bisa bekerja secara optimal sehingga seluruh organ tubuh bisa bekerja dengan baik.

·         Penyampaian pesan dari otak

Otak manusia menyampaikan jutaan pesan atau perintah untuk mengatur aktivitas dan metabolisme tubuh melalui berbagai saraf-saraf di seluruh tubuh. Terkait hal tersebut, kalsium punya fungsi menjaga kesehatan saraf dan membantu saraf dalam menyampaikan pesan dari otak ke bagian tubuh lainnya.

Setelah memahami perbedaan susu UHT dan full cream, Anda bisa mempertimbangkan susu mana yang lebih cocok untuk dipilih. Pemahaman lain yang juga perlu dipahami adalah terkait kandungan-kandungan dan cara penyimpanannya sehingga kesehatan keluarga bisa dijaga dengan baik. 

Rekomendasi