Tips Bikin Kopi Susu Ala Cafe

| 25 Feb 2024 14:59
Tips Bikin Kopi Susu Ala Cafe
Bikin kopi susu sendiri (Pexel/Chevanon Photography)

ERA.id - Kopi susu kini menjadi minuman yang digemari oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Selain bisa mendapatkannya di kedai kopi, minuman ini ternyata bisa dibuat sendiri.

Research and Development Manager of Ismaya Group (Certified Q Grader), Sendy Djaja, menyebutkan bahwa kopi adalah minuman yang subjektif. Rasa minuman ini ditentukan oleh individu yang menikmatinya.

Jika suka dengan cita rasa kopi yang kuat, maka ketika membuat kopi susu, jumlahnya kopinya harus lebih banyak. Jika suka rasa yang ringan, maka kopinya lebih sedikit.

"Kopi adalah hal yang subjektif. Kalau mau kopi yang strong, pakai kopi yang 2 shoot, lebih banyak kopinya. Kalau misalnya kurang suka kopi, minum kopi hanya mau kafeinnya, mungkin satu shoot cukup," kata Sendy Djaja saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sendy menyarankan untuk menggunakan gula aren dalam pembuatan kopi susu. Ini lantaran gula tersebut lebih sehat untuk tubuh.

"Tipe gulanya biasanya brown sugar, gula aren, karena lebih sehat ya," tuturnya.

Untuk penggunaan susu juga kembali ke pribadi masing-masing. Sendy mengatakan jika suka dengan kopi susu yang creamy, maka gunakan susu yang full cream.

"Untuk susu, kalau mau creamy jelas pakai full cream, tapi kalau mau lebih sehat pakai oatmilk, soymilk. Tapi alternatif milk ini rasanya kurang creamy, ini bisa ditambah non dairy cream, yang terbuat dari tumbuhan," jelasnya.

Tags : kopi susu kopi
Rekomendasi