Apa Itu Potasium dan Apakah Bermanfaat Bagi Tubuh?

| 06 Apr 2023 17:05
Apa Itu Potasium dan Apakah Bermanfaat Bagi Tubuh?
Apa itu potasium (unsplash)

ERA.id - Apa itu potasium? Apakah berbahaya? Perlu diketahui, potasium adalah salah satu mineral esensial yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Potasium berperan dalam berbagai fungsi penting dalam tubuh manusia, termasuk menjaga keseimbangan cairan, memelihara kesehatan sistem saraf, otot, dan jantung, serta menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

Apa Itu Potasium?

Potasium merupakan jenis elektrolit, yaitu senyawa kimia yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Senyawa ini juga berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan menjaga keseimbangan pH tubuh.

Potasium berperan dalam kontraksi otot, termasuk otot-otot yang diperlukan untuk fungsi tubuh seperti berjalan, berbicara, dan bernapas. Mineral ini juga berperan dalam menjaga detak jantung yang normal.

Kebutuhan potasium untuk tubuh manusia bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik.

Namun, secara umum, tubuh manusia membutuhkan sekitar 2.000 hingga 3.000 mg potasium setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh yang optimal.

Kebutuhan potasium dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan produk susu. Buah-buahan seperti pisang, aprikot, dan jeruk, serta sayuran seperti bayam, kentang, dan brokoli merupakan sumber potasium yang kaya.

Namun, kekurangan potasium dalam tubuh dapat terjadi akibat berbagai kondisi, seperti konsumsi makanan yang tidak sehat, diet yang rendah kalium, gangguan kesehatan tertentu, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Kekurangan potasium dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, nyeri otot, dan kram, serta dapat meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Di sisi lain, terlalu banyak asupan potasium juga dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu kondisi ketika kadar potasium dalam darah melebihi batas normal.

Hiperkalemia dapat menyebabkan gejala seperti lelah, lemah, atau mati rasa di tangan atau kaki, serta nyeri dada dan sesak napas. Kondisi ini dapat menjadi sangat serius dan bahkan mengancam nyawa jika tidak segera diobati.

Apakah potasium sianida berbahaya?

Beberapa waktu lalu, heboh seorang dukun Mbah Slamet di Purbalingga yang membunuh beberapa kliennya dengan potasium. Lantas dari berbagai manfaat potasium yang dijelaskan di atas, mengapa dapat berbahaya?

Perlu diketahui, jenis potasium yang digunakan oleh Mbah Slamet adalah potasium sianida  yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit jika terjadi keracunan.

Apakah potasium sianida berbahaya (unsplash)

Potasium sianida adalah senyawa kimia beracun yang terdiri dari atom potasium, atom karbon, dan atom nitrogen. Senyawa ini digunakan sebagai bahan kimia industri, seperti dalam pembuatan logam dan pengolahan bijih.

Potasium sianida dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui inhalasi, kontak dengan kulit, atau penelan.

Saat terpapar potasium sianida, senyawa ini dapat dengan cepat menyerap oksigen dari darah dan mencegah tubuh manusia untuk menggunakan oksigen untuk fungsi normal tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan organ, kejang, koma, dan kematian.

Sumber keracunan potasium sianida dapat berasal dari asap dari industri yang mengandung senyawa ini, makanan yang terkontaminasi, atau penyalahgunaan obat-obatan yang mengandung senyawa ini. Selain itu, potasium sianida juga digunakan dalam praktik bunuh diri dan pembunuhan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dan menghindari paparan potasium sianida. Jika terpapar potasium sianida, segera mencari perawatan medis secepat mungkin. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan organ atau bahkan kematian.

Selain Apa Itu Potasium, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi