Ini Alasan Buah Kurma Begitu Identik dengan Muslim

| 11 Apr 2024 20:30
Ini Alasan Buah Kurma Begitu Identik dengan Muslim
Ilustrasi buah kurma (Pexels)

ERA.id - Buah kurma begitu kental dan identik dengan masyarakat Muslim. Rupanya, ada beberapa alasan yang membuatnya cukup populer sebagai buah yang amat diminati, khususnya selama Ramadan dan Idulfitri. 

Alasan utamanya adalah kurma kerap dijadikan sebagai hidangan untuk buka puasa atau sahur. Pasalnya, buah dengan rasa manis ini mengandung serat tinggi, potasium, dan magnesium yang bisa mempertahankan energi menghidrasi tubuh sepanjang hari.

Dilansir dari Times Entertainment, terdapat dua jenis kurma yang memiliki kualitas dan nutrisi yang luar biasa, yakni kurma Ajwa dan kurma Medjool. 

Kurma Ajwa berasal dari Al-Madina, yang mengandung berbagai vitamin di dalamnya. Mulai dari vitamin A, B6, C, dan K, termasuk juga folat, niacin, hingga rinoflavin. Kurma jenis ini juga memiliki antioksidan tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

Sementara itu, kurma Medjool terkenal dengan bentuknya yang besar dan rasanya yang sangat lezat. Rasa kurma ini dominan dengan karamel dan mengandung nutrisi esensial yang tinggi. 

Dengan rasanya seperti karamel dan nutrisi tinggi termasuk serat, kurma Medjool biasa dijadikan makanan ringan yang disajikan saat lebaran tiba. Kurma ini juga disajikan dalam berbagai bentuk kreasi makanan yang menggugah selera untuk menyantapnya. 

Selain bermanfaat bagi tubuh, mengonsumsi kurma selama Ramadan dan Idulfitri juga memberikan penambah kekuatan secara spiritual. Ini karena kurma memiliki makna khusus dalam budaya Islam, yang berakar kuat pada tradisi dan praktik keagamaan.

Rekomendasi