Efek Minum Kopi Setelah Makan bagi Kesehatan dan Kulit

| 09 Apr 2023 04:05
Efek Minum Kopi Setelah Makan bagi Kesehatan dan Kulit
Llustrasi minum kopi setelah makan (pexels)

ERA.id - Waktu yang baik untuk minum kopi sering diperdebatkan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah aturan minum kopi setelah makan.

Tak jarang, orang meminum kopi setelah sarapan untuk menikmati pagi. Orang yang lain melakukan hal tersebut agar mendapatkan energi yang lebih besar untuk menjalani hari. Ini adalah kebiasaan yang perlu diperhatikan.

Efek Minum Kopi Setelah Makan terhatap Kesehatan

Dilansir Gulf News, minum kopi setelah makan tidak mengganggu respons glukosa pada tubuh, tetapi bisa memperlambat penyerapan nutrisi. Tubuh tidak menyerap nutrisi dari makanan secara maksimal jika setelah makan dilanjutkan minum kopi.

Berdasarkan penelitian, minum kopi setelah makan bisa mengurangi penyerapan zat besi sampai 80%. Tak hanya itu, minum kopi setelah makan juga disebut bisa meningkatkan kolesterol jahat di tubuh. Minyak pada kopi  bisa membuat minuman tersebut menjadi pemicu meningkatnya kolesterol dalam makanan.

Meski demikian, kopi sebenarnya boleh dikonsumsi setelah makan selama tidak berlebihan dan Anda dalam keadaan sehat, dikutip Era.id dari situs Fakultas Keperawatan Unair. Terlebih lagi, kopi merupakan minuman yang bisa menambah energi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan fungsi otak.

Bagaiman dengan jeda antara makan dan minum kopi? Tidak ada ukuran khusus dan pasti terkait hal tersebut. Hanya saja, Anda disarankan untuk tidak minum kopi dalam waktu yang berdekatan dengan waktu makan.

Anda bisa memberikan jeda minimal sekitar 1 jam. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak meminum kopi bersamaan dengan makan. Menurut pakar kesehatan, konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, bersamaan dengan makanan bisa memicu anemia.

Beberapa hal lain yang perlu jadi pertimbangan adalah tidak punya risiko kekurangan zat besi, tidak mengonsumsinya secara berlebihan, dan tidak minum kopi menjelang waktu tidur.

Efek Minum Kopi setelah Makan terhadap Fisik

Minum kopi setelah makan secara langsung tidak hanya berefek pada kesehatan, tetapi juga kondisi dan penampilan fisik. Dilansir Bright Side, inilah beberapa efek samping minum kopi setelah makan.

Ilustrasi perempuan minum kopi setelah makan (pexels)

1. Merusak gigi

Penyerapan mineral bisa terhambat akibat minum kopi setelah makan. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang penyerapannya terhambat. Tubuh pun malah akan membuang kalsium itu melalui keringat dan urine.

Sementara, kalsium menjadi salah satu mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Jika asupan kalsium tidak terpenuhi dalam waktu yang lama, hal tersebut bisa membuat gigi lebih rapih, kekuningan, dan iritasi gusi.

2. Kulit kering

Kopi bisa menghambat penyerapan nutrisi makanan, termasuk zat besi. Jika tubuh tidak memperoleh zat besi yang cukup, kesehatan kulit bisa terganggu. Salah satu efek yang bisa terjadi adalah kulit wajah tampak lebih kering dari biasanya.

Efek yang lain adalah bisa memicu munculnya kerutan pada wajah atau membuat kerutan jadi lebih terlihat. Minum kopi juga bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa membuat Anda dehidrasi dan efeknya adalah kulit jadi lebih kering.

3. Kerontokan rambut

Zat besi tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga rambut. Jika tubuh kerkurangan zat tersebut, darah di dalam tubuh mengalami kesulitan dalam membawa oksigen yang memperbaiki sel-sel tubuh untuk merangsang pertumbuhan rambut. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, rambut bisa menjadi mudah rontok.

Itulah beberapa hal mengenai kebiasaan minum kopi setelah makan. Demi menghindari berbagai efek negatif, ada baiknya Anda memberikan jeda antara makan dengan minum kopi seperti telah disebutkan sebelumnya, yaitu minimal satu jam. 

Rekomendasi