6 Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi pada Wanita, Susah Tidur hingga Ketergantungan

| 12 Apr 2024 20:30
6 Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi pada Wanita, Susah Tidur hingga Ketergantungan
Efek terlalu banyak minum kopi bagi wanita. (Unsplash/Freestocks)

ERA.id - Kopi menjadi salah satu minuman populer yang dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda, ada beberapa pertanyaan mengenai efek terlalu banyak minum kopi bagi wanita. Konsumsi kopi yang terlalu banyak dipercaya dapat menimbulkan efek samping, terlebih bagi wanita.

Nah, agak dapat memahami efek samping minum kopi bagi wanita yang terlalu banyak, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ilustrasi minum kopi (Unsplash/Jenny Ueberberg)

Efek terlalu banyak minum kopi pada wanita

Melansir Healthline, di bawah ini adalah beberapa efek samping minum kopi bagi wanita yang dapat kita ketahui:

1. Stimulan kafein

Efek terlalu banyak minum kopi bagi wanita disebabkan oleh kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein merupakan stimulan yang dapat memberikan dorongan energi sementara dan membantu Anda menambah kewaspadaan.

Namun, beberapa wanita akan lebih sensitif terhadap kafein. Konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan bisa mengakibatkan gangguan tidur, kecemasan, serta ketegangan pada otot.

2. Risiko Osteoporosis

Asupan kafein secara berlebihan juga bisa mempengaruhi kesehatan tulang wanita. Kafein bisa mengganggu proses penyerapan kalsium oleh tubuh. Hal ini akan menimbulkan penurunan kepadatan tulang dan menambah risiko osteoporosis pada wanita, khususnya bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun.

3. Masalah kesehatan pada kehamilan

Wanita hamil atau yang mempunyai rencana untuk hamil harus berhati-hati saat mengonsumsi kopi. Beberapa penelitian mencatat bahwa kafein berhubungan erat dengan risiko keguguran, berat badan lahir rendah, serta gangguan pertumbuhan pada janin.

Itulah mengapa disarankan bagi wanita hamil untuk membatasi asupan kafein mereka selama kehamilan, termasuk kopi.

4. Gangguan hormon

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kafein akan berpengaruh terhadap tingkat hormon pada wanita. Bahkan dalam beberapa kasus, konsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol.

Hal ini selanjutnya akan memengaruhi keseimbangan hormon dan menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan menstruasi atau menopause.

5. Kesehatan jantung

Beberapa studi juga membaca korelasi antara konsumsi kopi yang berlebihan dengan risiko penyakit jantung pada wanita. Kafein mampu menambah tekanan darah dan kolesterol, yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

Namun, untuk mengonfirmasi hubungan ini, diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Ketergantungan

Minum kopi secara berlebihan juga akan menimbulkan ketergantungan pada kafein. Wanita yang mengonsumsi kopi secara teratur bisa jadi mengalami gejala penarikan jika tiba-tiba mengurangi asupan kafein.

Seperti contoh, seperti sakit kepala, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Meskipun kopi memberikan manfaat dan kenikmatan kepada banyak orang, efek sampingnya juga harus diperhatikan, khususnya bagi wanita.

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memengaruhi keseimbangan hormon, gangguan tidur, dan dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan jantung dan tulang.

Wanita hamil dan yang berencana untuk hamil juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi kopi sebab kafein dapat berisiko terhadap kesehatan janin.

Sedangkan bagi wanita yang ingin tetap menikmati kopi, disarankan untuk mengonsumsi dengan bijaksana dan tidak berlebihan. Anda disarankan untuk membatasi asupan kopi dan perhatikan secara detail bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap kafein.

Demikianlah ulasan tentang efek terlalu banyak minum kopi bagi wanita. Setelah mengetahui efek-efeknya, tentunya Anda bisa memberi batasan bagi tubuh Anda dalam mengonsumsi kopi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi