Berbagai Fakta Ikan Shisamo dan Manfaatnya untuk Kesehatan

| 30 Apr 2023 20:00
Berbagai Fakta Ikan Shisamo dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Ikan shisamo (Twitter @FarmersMarket99)

ERA.id - Kehidupan keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lagi-lagi jadi perhatian netizen. Beberapa waktu lalu video Rayyanza, anak pasangan tersebut, yang sedang menikmati ikan goreng kecil jadi perbincangan. Ikan tersebut adalah shisamo. Ada beberapa fakta ikan shisamo yang menarik untuk disimak, salah satunya soal harganya yang mahal.

Pada awalnya, sebagian netizen mengira bahwa ikan yang dimakan oleh Rayyanza merupakan ikan asin biasa. Namun, kemudian diketahui bahwa ikan tersebut adalah shisamo. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai ikan shisamo, simak uraian dari Era.id berikut.

Berbagai Fakta Ikan Shisamo

·         Berisi Telur

Ikan shisamo bisa dimakan secara utuh layaknya memakan ikan kecil pada umumnya. Duri atau tulang ikan shisamo hanya ada di bagian tengah tubuh. Salah satu keunikan dari ikan ini adalah tubuh ikan shisamo betina berisi banyak telur, bahkan hampir di seluruh tubuhnya.

 Ikan shisamo panggang (pexels)

Ikan shisamo memiliki rasa yang sangat gurih. Anda bisa mengolah ikan ini dengan beberapa cara, seperti dikukus, dipanggang, dan digoreng. Meski ukurannya kecil, ikan ini punya daging yang kokoh. Ikan ini enak untuk diolah menjadi berbagai menu kuliner.

·         Mirip ikan kaca piring

Ikan shisamo banyak ditemukan di Laut Atlantik dan laut yang dalam, terutama di Canada (daerah Newfounland). Jika dilihat sekilas, bentuk ikan ini seperti ikan kaca piring, tetapi dagingnya tidak transparan.

Ikan ini umum dikonsumsi di Jepang, tak heran jika nama yang populer adalah nama Jepang. Panjang ikan shisamo sekitar 10-15 cm. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengilap dominan dan bagian atasnya berwarna hitam.

·         Harga ikan shisamo

Seperti telah disampaikan sebelumnya, ikan shisamo termasuk ikan yang mahal. Di beberapa situs belanja daring, ikan shisamo kemasan 500 gram dibanderol dengan harga sekitar Rp70.000.

Meski demikian, ikan ini jarang dijual dalam keadaan segar. Shisamo biasanya dijual di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Jepang dalam keadaan beku. Salah satu tips untuk membeli ikan ini adalah memilih ikan yang memiliki perut menggembung berisi telur dengan badan yang utuh mulus.

·         Kandungan nutrisi

Telur ikan shisamo disebut masago. Masago bisa berwarna hitam, bisa juga berwarna oranye. Telur ikan shisamo umumnya digunakan sebagai topping sushi untuk menggantikan tobiko.

Ikan betina bisa berisi banyak telur sehingga tidak heran jika nutrisi yang dikandungnya tinggi. Ikan shisamo mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, bahkan lebih daripada salmon.

Sebagai perbandingan, 100 gram salmon mengandung 1,0 gram asam lemak omega-3. Sementara, 100 gram ikan shisamo mengandung 1,2 gram asam lemak omega-3. Nutrisi lain yang juga tinggi di dalam ikan shisamo adalah protein.

·         Manfaat

Berdasarkan kandungan nutrisinya, kita bisa menebak beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan shisamo. Asam lemak omega-3 bagus untuk perkembangan sel otak, terutama bagi anak. Ibu hamil bisa mengonsumsi ikan ini karena minyak ikannya bagus bagi perkembangan janin.

Fakta ikan shisamo yang lain terkait manfaat adalah adalah menyehatkan jantung. Dengan demikian, ikan ini juga bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner. Selain itu, ikan shisamo bisa menetralisir kolesterol jahat di tubuh.

Rekomendasi