Penyebab Kanker Tulang, Mulai dari Keturunan hingga Cedera

| 04 May 2023 18:00
Penyebab Kanker Tulang, Mulai dari Keturunan hingga Cedera
Penyebab kanker tulang (unsplash)

ERA.id - Kanker tulang adalah salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Namun, kanker ini sangat berbahaya dan sulit untuk diobati jika terdeteksi terlambat. Untuk itu, artikel ini akan membahas penyebab kanker tulang agar Anda lebih waspada.

Kanker tulang sendiri merupakan suatu istilah kesehatan untuk menyebut pertumbuhan sel kanker yang berkembang di tulang.

Apa Itu Kanker Tulang?

Dilansir dari laman Ai Care, kanker tulang terjadi ketika sel tulang mengalami perubahan materi genetik atau bermutasi. Sel-sel tersebut akan terus tumbuh tidak terkendali dan berkembang menjadi jaringan tumor.

Kondisi kanker tulang tersebut dapat merusak jaringan tulang normal. Kanker yang terbentuk di tulang itu sendiri disebut dengan kanker tulang primer. Sel-sel kanker tersebut kemudian bisa merusak tulang dan jaringan sehat di sekitarnya.

Sel kanker juga bisa berawal dari kanker organ tubuh lain yang kemudian menyebar ke jaringan tulang. Kondisi ini disebut sebagai kanker tulang sekunder. Beberapa jenis kanker yang dapat menyebar ke tulang antara lain tumor payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

Penyebab pasti kanker tulang masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker tulang.

Penyebab Kanker Tulang

  1. Genetik

Beberapa jenis kanker tulang, seperti osteosarkoma, dapat diturunkan dari keluarga. Jika ada anggota keluarga yang pernah terkena kanker tulang, maka kemungkinan Anda untuk terkena kanker tulang akan lebih besar.

  1. Radiasi

Paparan radiasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tulang dan meningkatkan risiko terkena kanker tulang. Beberapa orang yang pernah menerima radiasi untuk pengobatan kanker atau penyakit lain, memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena kanker tulang.

  1. Cedera Tulang

    Cedera tulang yang berulang dapat meningkatkan resiko (unsplash)

Cedera tulang yang berulang atau cedera yang serius dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tulang, yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker tulang.

  1. Tumor jinak tulang

Jenis tumor jinak tulang seperti osteokondroma, dapat meningkatkan risiko terkena kanker tulang. Tumor jinak tulang ini dapat berkembang menjadi tumor ganas pada kemudian hari.

  1. Pengobatan Kanker

Beberapa obat kemoterapi dan radioterapi dapat meningkatkan risiko terkena kanker tulang pada kemudian hari.

Meskipun tidak semua orang yang memiliki faktor risiko tersebut akan mengalami kanker tulang, namun sangat penting untuk memperhatikan gejala-gejala yang muncul dan segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa khawatir.

Beberapa gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai antara lain nyeri tulang yang persisten, pembengkakan, kelemahan, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Semakin cepat kanker tulang terdeteksi, semakin baik kemungkinan untuk mengobatinya.

Selain penyebab kanker tulang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi