Kebiasaan yang Membuat Sulit Tidur, Nomor Dua Paling Banyak Dilakukan

| 23 Jun 2023 22:15
Kebiasaan yang Membuat Sulit Tidur, Nomor Dua Paling Banyak Dilakukan
Ilustrasi insomnia (Cottonbro/Pexels)

ERA.id - Sebagian besar orang tentunya pernah mengalami insomnia. Insomnia adalah gangguan yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Kondisi ini menyebabkan seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh. Kondisi fisik orang yang mengalami insomnia juga tidak cukup prima untuk menjalani aktivitas pada hari berikutnya. Insomnia disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kondisi penyakit yang menyertainya maupun kebiasaan yang membuat sulit tidur.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Selain disebut sebagai gangguan tidur, seseorang dapat dikatakan mengalami insomnia jika ia sulit atau susah memulai tidur, sulit mempertahankan tidur, maupun keduanya. Sementara itu, ada beberapa hal tidak terduga yang ternyata menjadi pemicu insomnia, diantaranya:

Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur pada siang hari walaupun sebentar ternyata dapat menjadi penyebab insomnia. Sebagian orang memang dapat terbantu untuk merasakan tidur yang berkualitas pada malam harinya. Namun, sayangnya tidur siang juga bisa membuat sebagian orang kesulitan untuk tidur di malam hari. Oleh sebab itu, jam tidur siang yang direkomendasikan hanya selama 20 hingga 30 menit saja. Jika lebih dari itu, maka dapat memicu insomnia atau membuat kepala Anda pusing.

Bermain Gadget Sebelum Tidur

Karena tuntutan pekerjaan, mungkin Anda tetap harus berurusan dengan laptop bahkan pada saat jam tidur Anda. Namun, ternyata semua alat elektronik itu memberikan dampak buruk bagi kualitas tidur Anda. Tidak hanya akibat laptop, kebanyakan orang juga kerap memeriksa media sosial melalui gadget, sehingga cahaya dari gadget tersebut akan kamu semakin susah untuk langsung tidur. Apalagi jika ditambah dengan kegiatan-kegiatan interaktif lain seperti chatting atau main game.

Makan Menjelang Tidur

Jika Anda tidak terlalu lapar, ada baiknya tidak mengonsumsi makanan apapun sebelum tidur. Sebab, kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan tidur. Jika Anda merasa kelaparan namun tetap ingin merasakan tidur yang  nyenyak juga, disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan saja. Selain itu, penting untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur sebab dapat menjadi penyebab insomnia karena berpotensi membuat sakit perut.

Memerhatikan Jam

Hal paling kecil yang dapat menjadi penyebab insomnia yaitu kebiasaan memerhatikan jam. Ketika melihat jam, maka Anda memikirkan tentang berapa jam lagi waktu yang tersisa untuk bangun keesokan paginya. Hal ini ternyata dapat memicu produksi kortisol dan adrenalin sehingga Anda akan tetap terjaga dan semakin sulit tidur.

Mengonsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dapat menjadi obat penenang dan mengundang rasa kantuk. Namun sebenarnya alkohol hanya membuat Anda tertidur lebih awal saja. Setelah minum alkohol, Anda bisa terbangun lagi di malam hari dan selanjutnya sulit untuk tidur lagi. Sementara itu, kafein juga dapat menjadi penyebab insomnia jika dikonsumsi dengan berlebihan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation tahun 2005 menemukan seseorang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih  minuman berkafein dalam sehari rentan menderita gejala insomnia daripada mereka yang tidak meminum atau minum satu cangkir saja per hari.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang membuat sulit tidur atau insomnia. Jika Anda mengalami insomnia atau gangguan tidur lain yang cukup mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi