Apa Itu Skizoid dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

| 13 May 2023 15:28
Apa Itu Skizoid dan Bagaimana Ciri-Cirinya?
Apa itu skizoid (unsplash)

ERA.id - Skizoid  adalah gangguan mental yang berbeda dengan skizofrenia. Lantas, apa itu skizoid dan bagaimana cara mendiagnosanya? Artikel ini akan membahasnya lebih lengkap.

Skizoid adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki ciri-ciri kepribadian yang khas, yaitu kurangnya minat atau keinginan untuk terlibat dalam hubungan sosial atau interaksi dengan orang lain.

Individu dengan kepribadian skizoid lebih suka menghabiskan waktu sendirian dan cenderung menarik diri dari lingkungan sosial atau kelompok.

Apa Itu Skizoid?

Dilansir dari AI-Care, gangguan kepribadian skizoid merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang menghindari kontak sosial dan kesulitan menunjukkan emosi. Bagi orang disekitarnya, orang-orang dengan gangguan ini tampak dingin atau sulit tertawa. Gangguan kepribadian ini dapat memiliki gejala seperti:

●        Lebih suka sendirian

●        Tidak menginginkan atau menikmati persahabatan

●        Tidak dapat merasakan kebahagiaan dari manapun

●        Kesulitan mengekspresikan emosi

●        Kesulitan menanggapi situasi emosional dengan sesuai

●        Sedikit atau tidak merasakan hasrat untuk memiliki hubungan seksual

Ciri-Ciri Kepribadian Skizoid

  1. Keterpisahan Diri

Orang dengan kepribadian skizoid cenderung menarik diri dari lingkungan sosial dan lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Mereka mungkin memiliki sedikit atau tidak ada teman, dan lebih memilih aktivitas yang dapat dilakukan sendiri seperti membaca, menonton film, atau bermain game.

  1. Kegugupan Sosial

Individu dengan kepribadian skizoid mungkin merasa tidak nyaman atau canggung dalam situasi sosial. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan mudah dalam situasi sosial atau kegiatan kelompok.

  1. Kurangnya Ekspresi Emosi

    Pengidap skizoid kurangnya berekspresi (unsplash)

Orang dengan kepribadian skizoid mungkin kurang berekspresi dalam ekspresi emosi mereka. Mereka mungkin sulit menunjukkan perasaan atau bereaksi terhadap situasi yang memicu emosi.

  1. Tidak Menaruh Minat pada Orang Lain

Individu dengan kepribadian skizoid tidak tertarik pada hubungan sosial atau interaksi dengan orang lain. Mereka mungkin merasa lebih nyaman ketika tidak ada orang di sekitarnya dan tidak memiliki keinginan untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan orang lain.

Selain apa itu skizoid, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi