Jenis Kulit Kepala dan Beberapa Cara untuk Mengatasinya

| 14 May 2023 16:15
Jenis Kulit Kepala dan Beberapa Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi jenis kulit kepala (Pixabay)

ERA.id - Selama ini mungkin Anda hanya fokus pada kulit yang terlihat saja. Misalnya, kulit wajah, tangan, dan kaki. Namun, Anda bisa jadi lupa untuk menaruh perhatian terhadap kesehatan kulit kepala yang sebenarnya tak kalah penting juga, yaitu kulit kepala. Seperti yang kita tahu, ada beberapa jenis kulit kepala.

Walaupun tertutup rambut, kulit kepala juga dapat terjangkit beberapa jenis masalah. Ada tiga jenis masalah kulit kepala yang biasanya dialami, antara lain kering, berminyak dan berketombe. Sebelum menangani masalah tersebut, tentunya Anda harus memahami cara mudah mengenali jenis kulit kepala.

Ilustrasi kulit kepala (Pixabay)

Jenis Kulit Kepala yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit kepala, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Anda harus segera mengatasinya. Beda permasalahan, beda pula cara mengatasinya. Simak penjelasannya berikut:

Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering juga merupakan sebuah masalah. Kulit kepala yang kering mengakibatkan rambut kasar, kering dan kusam. Seperti halnya wajah, Anda juga dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk menangani kekeringan pada kulit kepala.

Minyak ini mampu meningkatkan kelembapan pada kulit kepala karena adanya kandungan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Caranya oleskan sedikit minyak kelapa cair ke kulit kepala dan pijat dengan perlahan.

Lalu, diamkan selama 10 menit sebelum keramas dengan sampo. Selain akan membantu kulit kepala kering, rambut Anda juga akan menjadi halus.

Kulit Kepala Berminyak

Bagi Anda yang mempunyai kulit kepala berminyak, tentunya akan lebih sering merasa lepek. Cara menanganinya juga tidak terlalu sulit, Anda dapat menggunakan perasan lemon untuk menyeimbangkan produksi sebum yang menjadikan kulit kepala berminyak. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bedak bayi di sela-sela kepala untuk menyerap minyak. Cara yang tergolong mudah untuk mengatasi masalah kulit kepala ini.

Kulit Kepala Berketombe

Ketombe juga merupakan masalah kulit kepala yang paling menyebalkan. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe juga berisiko merusak penampilan. Ada banyak jenis sampo anti ketombe, tetapi tak selalu dapat menolong, dan Anda harus menggunakan cara lain untuk dilakukan.

Untuk mengobati ketombe yang menjadi permasalahan Anda, cuci rambut dengan sampo biasa, selanjutnya bilas dengan obat kumur yang memiliki kandungan alkohol. Selanjutnya akhiri dengan menggunakan conditioner.

Demikianlah  ulasan mengenai jenis kulit kepala serta cara penanganannya yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi