5 Tips Memakai Parfum yang Benar untuk Wangi Maksimal dan Tahan Lama

| 13 May 2023 08:25
5 Tips Memakai Parfum yang Benar untuk Wangi Maksimal dan Tahan Lama
Ilustrasi cara memakai parfum yang benar (pexels)

ERA.id - Anda mungkin pernah mengalami kejadian parfum tidak bertahan wangi lama padahal sudah menyemprotkannya cukup banyak. Terkadang, bahkan aromanya tidak seperti yang Anda harapkan. Untuk mengatasinya, tips memakai parfum yang benar perlu Anda ketahui.

Jenis parfum memang memiliki pengaruh terkait daya tahan keharumana. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya alasan. Cara penggunaan juga bisa berpengaruh terhadap ketahanan aroma. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar aroma parfum maksimal dan tahan lama, dikutip Era.id dari Axe.

Tips Memakai Parfum yang Benar

1.    Semprotkan pada kulit lembap

Pertemuan parfum dengan minyak alami tubuh membuat aroma parfum menjadi unik. Jadi, semprotkan parfum pada kulit, bukan pada pakaian. Penyemprotan parfum pada pakaian bisa menghalangi proses perjalanan parfum ke middle bahkan base notes-nya sehingga aroma yang keluar akan flat.

Selain itu, Anda perlu tahu bahwa parfum tidak bertahan lama pada kulit kering. Jadi pastikan Anda menyemprotkan parfum pada kulit yang lembab. Ada trik untuk melakukan ini jika kulit Anda cepat kering, yaitu menggunakan body lotion yang aromanya mirip parfum Anda. Namun, agar lebih aman, Anda bisa menggunakan moisturizer yang tidak beraroma. 

2.    Jarak penyemprotan 10—15 cm

Secara umum, parfum tuh sama dengan bodyspray, yaitu punya bentuk aerosol dengan kandungan alkohol yang dapat menyebarkan parfum dengan sempurna. Jika Anda menyemprotkan parfum dengan jarak terlalu dekat, aromanya jadi kurang tersebar dengan baik. Cobalah untuk menyemprotkan parfim dengan jarak 10—15 cm antara parfum dan kulit Anda.

3.    Jangan digosok

Setelah Anda menyemprotkan parfum ke tubuh, jangan gosok bagian tubuh yang terkena parfum tersebut! Penggosokan parfum pada kulit akan membuat suhu tubuh naik dan memicu munculnya enzim yang bisa mengubah struktur bau dari parfum.

Jadi, setelah Anda menyemprotkan parfum—di badian tubuh mana pun, biarkan saja. Ini akan membuat aroma tidak berubah dan tahan lama. Jika Anda telah memilih jenis parfum yang tepat, aroma yang dihasilkan akan termaksimalkan.

4.    Semprotkan pada titik yang tepat

Ilustrasi menyemprotkan parfum pada leher (pexels)

Anda perlu menyemprotkan parfum pada titik yang tepat agar parfum bisa menguap dengan sempurna dan tahan lama. Beberapa daerah yang strategis sebagai titik penyemprotan adalah leher dan pergelangan tangan.

Area tersebut bisa mengalami perubahan suhu sehingga parfum dapat mengalami penguapan. Beberapa titik lain yang bisa Anda semprot adalah bagian dalam dan bagian belakang lutut.

5.    Dalam keadaan tertentu, semprot rambut

Saat badan berkeringat dan berminyak banyak, aroma parfum di tubuh bisa berubah. Untuk menanggulanginya, Anda bisa menyemprotkan parfum ke rambut. Tentu saja, hal tersebut harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan, misalnya keamanan wajah (terutama mata) dan kulit kepala. Jika Anda ingin melalukan trik ini, lakukan dengan hati-hati!

Rekomendasi