Dampak Makan Satu Kali Sehari bagi Kesehatan, Yakin Mau Mencoba?

| 20 May 2023 22:25
Dampak Makan Satu Kali Sehari bagi Kesehatan, Yakin Mau Mencoba?
Ilustrasi makan satu kali sehari (Freepik)

ERA.id - Aktivitas makan orang-orang pada umumnya dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari. Namun ada juga yang menerapkan pola makan satu kali dalam sehari. bagi sebagian orang tentunya akan menganggap bahwa kebiasaan makan tersebut tidak normal. Lantas apa dampak makan satu kali sehari. 

Pola makan satu kali dalam sehari biasanya diterapkan oleh orang-orang yang sedang diet. Salah satunya adalah vokalis Coldplay Chris Martin. Vokalis band populer asal Inggris tersebut mengungkapkan dirinya hanya makan satu kali dalam sehari.

Chris Martin mengatakan selalu menghentikan aktivitas makan pada pukul empat sore. Ia mengaku melakukan diet tersebut karena terinspirasi dari musisi bernama Bruce Springsteen. Banyak orang yang bertanya, apa dampak makan satu kali sehari bagi kesehatan?

Dampak Makan Satu Kali Sehari

Setiap orang memiliki metode atau cara diet yang berbeda-beda. Termasuk ada yang menerapkan pola makan satu kali dalam sehari. Seorang ahli gizi Abagail Roberts mengatakan bahwa program diet memang bersifat individual dan dipengaruhi banyak faktor. Tapi umumnya pola makan satu kali sehari tidak akan memberikan hasil yang baik bagi banyak orang. 

"Bagi masyarakat umum, hanya mengonsumsi satu kali makan per hari berpotensi menimbulkan risiko kesehatan, terutama jika dilakukan dengan alasan penurunan berat badan dan tanpa pengetahuan nutrisi yang cukup," jelas Roberts.

ilustrasi menjalani program diet (Freepik)

Roberts mengatakan bahwa program diet yang dilakukan oleh Chris Martin merupakan bentuk puasa intermiten yang ekstrem. Puasa intermiten adalah metode puasa dengan cara membatasi waktu makan. Puasa intermiten memang terbukti memberi manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan mengurangi risiko peradangan. 

Namun Roberts juga mengingatkan bahwa metode puasa yang dijalani Chris Martin memiliki tetap memiliki risiko. Kebiasaan makan satu kali sehari bisa meningkatkan risiko pesta makan atau menyantap berlebihan selama jam makan. 

Robert juga mengatakan kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan pencernaan menjadi tidak nyaman seperti merasa kembung dan sembelit. Selain itu, makan satu kali dalam sehari juga dapat menyebabkan seseorang jadi kekurangan nutrisi. Jika mengalami kondisi tersebut, seseorang akan mudah lelah. 

Demikianlah ulasan mengenai dampak makan satu kali sehari bagi kesehatan tubuh. Dampak yang dirasakan dari kebiasaan makan satu kali sehari bisa berbeda-beda pada tiap orang. Sebab setiap orang memiliki ketahanan dan kebutuhan biologis yang berbeda. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi