Jenis Kurma Terbaik yang Direkomendasikan untuk Menu Berbuka Puasa

| 02 Apr 2023 16:15
Jenis Kurma Terbaik yang Direkomendasikan untuk Menu Berbuka Puasa
Ilustrasi Kurma. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Pada bulan puasa seperti ini, salah satu menu yang dijadikan santapan untuk berbuka adalah kurma. Buah ini seperti menjadi buah yang wajib dan harus ada di setiap rumah umat muslim yang menjalani puasa Ramadhan. Kira-kira, apa saja jenis kurma terbaik yang bisa didapatkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Kurma Terbaik

Ilustrasi jenis kurma terbaik (Foto: Pixabay)

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah salah satu jenis kurma yang menjadi favorit, sebab memberikan banyak manfaat dan khasiat. Misalnya membantu menangani masalah pencernaan dalam tubuh Anda, mencegah penyakit jantung serta juga mencegah penyakit diabetes melitus. Pada umumnya kurma ini berwarna hitam pekat dan mengandung banyak vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh agar senantiasa sehat dan bugar sepanjang hari.

Kurma Mazafati

Kurma Mazafati adalah kurma dengan daging yang sangat lembut saat dikonsumsi. Rasa manis yang ada dalam kurma ini menjadikannya sebagai salah satu favorit banyak orang. Berasal dari Iran, kurma Mazafati juga berkhasiat untuk membersihkan perut Anda dari beberapa bekas makanan agar dapat berfungsi secara maksimal.

Kurma Safawi

Anda harus mencicipi kurma safawi yang berwarna hitam dan memiliki tekstur seperti daging ini. Kurma ini mempunyai rasa yang sangat manis dan penuh dengan kandungan vitamin. Selain lezat, kurma ini juga mengandung gizi yang penting. Dibudidayakan di Madinah, kurma safawi memiliki tekstur sangat lembut dan terkendal dengan khasiat penyembuhannya.

Kurma Medjool

Sesuai dengan namanya, kurma yang memiliki nama lain Bard Valley ini berasal dari Amerika, California. Bard Valley memproduksi “Natural Delights Medjool Dates” atau yang lebih dikenal sebagai kurma Medjool. Kurma ini sangat cocok jika dipadukan dengan teh panas manis. Selain itu, kurma ini juga tidak mengandung bahan pemanis buatan sehingga sangat aman untuk anak-anak.

Kurma Sukari

Kurma Sukari adalah buah kurma yang juga populer dengan sebutan kurma raja. Dijuluki demikian karena kurma ini merupakan favorit para raja di negara Arab. Sukari mempunyai cita rasa yang manis dan empuk. Warnanya yang kuning kecokelatan menjadikannya terlihat seperti kurma emas. Rasa manis kurma ini terjamin tanpa tambahan gula atau pun pengawet.

Kurma Zaghloul

Dilihat dari bentuknya, mungkin jenis kurma ini menjadi salah satu dari jenis-jenis kurma terbaik yang mempunyai bentuk sedikit berbeda dari kurma yang biasa dikonsumsi oleh orang kebanyakan.

Kurma ini memiliki warna gelap dengan bentuk yang memanjang, sekilas kurma ini akan terlihat sama dengan buah Melinjo.

Kurma ini pun cukup popular di Mesir dengan harga yang cukup mahal di pasaran serta tercatat sebagai produk kurma eksklusif.

Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor adalah salah satu jenis-jenis kurma terbaik yang mempunyai rasa yang tergolong otentik.

Dengan tekstur setengah kering dan lembut, kurma dengan rasa unik seperti pisang dan karamel ini kerap kali dipadukan dengan berbagai jenis cita rasa masakan.

Deglet Noor itu sendiri dalam bahasa Arab dimaknai sebagai kurma cahaya dan cukup popular di beberapa negara, misalnya di Aljazair, Libya, dan Tunisia.

Warnanya juga cukup beraneka ragam, mulai dari oranye kekuning-kuningan, kuning jerami, dan cokelat tua.

Ilustrasi pohon kurma (Foto: Pixabay)

Demikianlah penjelasan mengenai jenis kurma terbaik yang dapat Anda jadikan menu buka puasa. Kira-kira, jenis mana yang menggugah selera Anda?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi