Penanganan Pertama pada Vertigo yang Wajib Dilakukan

| 03 Jun 2023 09:00
Penanganan Pertama pada Vertigo yang Wajib Dilakukan
Ilustrasi Vertigo (Pixabay)

ERA.id - Vertigo tentunya tidaklah seperti pusing biasa. Seseorang yang menderita vertigo umumnya merasa lingkungan sekitarnya bergerak atau berputar-putar, padahal sebenarnya normal dan biasa-biasa saja. Vertigo merupakan salah satu keluhan medis yang cukup umum dan kerapkali dialami oleh orang dewasa. Saat menderita pusing biasa, Anda mungkin masih mampu melanjutkan aktivitas. Lantas bagaimana penanganan pertama pada vertigo?

Penyebab Vertigo pada Seseorang

Dua jenis vertigo yang bisa terjadi, antara lain vertigo perifer dan sentral. Vertigo perifer umumnya diakibatkan oleh permasalahan pada telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Saraf vestibular merupakan saraf yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak. Vertigo sentral terjadi ketika terdapat masalah di otak, terutama otak kecil. Otak kecil yaitu bagian dari otak belakang yang berfungsi memberi kontrol terhadap koordinasi gerakan dan keseimbangan.

Ilustrasi penglihatan pada penderita vertigo (Pixabay)

Sekitar 93 persen kasus vertigo yaitu vertigo perifer. Vertigo perifer dapat diakibatkan oleh salah satu kondisi berikut:

  • Vertigo posisi paroksismal jinak, merupakan vertigo yang disebabkan oleh perubahan tertentu pada posisi kepala. Hal ini dapat disebabkan oleh kristal kalsium yang mengambang dalam saluran telinga yang berbentuk setengah lingkaran.
  • Penyakit Meniere. Kelainan telinga bagian dalam yang berpengaruh terhadap keseimbangan dan pendengaran.
  • Fistula perilimfatik atau komunikasi abnormal antara telinga tengah dan telinga bagian dalam.
  • Erosi kolesteatoma atau erosi yang dikarenakan adanya kista dalam telinga bagian dalam.
  • Vestibulopathy perifer akut. Peradangan telinga bagian dalam yang mengakibatkan vertigo secara tiba-tiba.
  • Otosklerosis atau pertumbuhan tulang abnormal dalam telinga tengah.

Bagi seseorang yang menderita vertigo, kondisi ini dapat melumpuhkan aktivitas pengidapnya, sebab mereka merasa seperti berputar-putar. Selain bisa diatasi dengan obat-obatan, beberapa hal lain yang dapat Anda perhatikan saat mengalami vertigo antara lain sebagai berikut.

Penanganan Pertama pada Vertigo

Vertigo dapat mengganggu dan menghambat kegiatan sehari-hari. Jika Anda sering menderita vertigo, penanganan pertama yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda pusing saat berdiri, sebaiknya berdiri secara perlahan. Waspadai kemungkinan kehilangan keseimbangan yang berpotensi mengakibatkan terjatuh dan mengalami cedera serius.
  • Karena dapat muncul secara tiba-tiba, sebaiknya segera duduk diam atau berbaring saat Anda mengalami hal ini.
  • Hindari perubahan posisi secara tiba-tiba. Jika harus berjalan, Anda dapat menggunakan tongkat atau cari pegangan agar Anda tidak terjatuh. 
  • Bila merasa haus, segera minta tolong orang lain untuk mengambilkan minum.
  • Usahakan mendapatkan tidur cukup dan hindari stres.
  • Hindari cahaya terang, berbaring diam dengan mata tertutup di ruangan yang gelap untuk mencegah vertigo yang lebih parah.

Demikianlah penjelasan tentang penanganan pertama pada vertigo. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi