Asupan Karbohidrat dalam Sehari, Jangan Sampai Kurang atau Kelebihan

| 10 Jun 2023 08:25
Asupan Karbohidrat dalam Sehari, Jangan Sampai Kurang atau Kelebihan
Asupan karbohidrat dalam sehari (unsplash)

ERA.idKarbohidrat yang sehat dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan kita. Lantas, berapa asupan karbohidrat dalam sehari?

Perlu diketahui, karbohidrat merupakan sumber utama energi yang digunakan oleh otak dan otot kita untuk berfungsi dengan baik. Beberapa sumber karbohidrat yang sehat meliputi biji-bijian, seperti beras merah dan gandum utuh, serta sayuran dan buah-buahan segar.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai takaran karbohidrat sehat dan sumber-sumber terbaik yang dapat dimasukkan dalam asupan harian kita.

Asupan Karbohidrat dalam Sehari

Setiap individu memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh ras, usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, dan tingkat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menentukan kebutuhan kalori rata-rata per hari untuk setiap orang menjadi sulit karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Namun, asupan karbohidrat dalam sehari bagi manusia sekitar 45-65 persen dari total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi (unsplash)

Penting untuk diingat bahwa karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan seperti pati (kentang, jagung, labu, roti, sereal, kacang-kacangan), serat (buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, biji-bijian), dan gula (madu, sirop, makanan manis).

Anda dapat mengontrol asupan karbohidrat dengan membaca label pada kemasan makanan. Penting juga untuk mengetahui bahwa:

Sebagai contoh, jika kita mengambil sebutir telur ayam dengan berat 243 gram, maka total kalori yang didapatkan adalah:

●        Lemak: 24 gram (216 kalori)

●        Protein: 31 gram (124 kalori)

●        Karbohidrat: 2 gram (8 kalori)

Sehingga total kalori dari sebutir telur ayam tersebut adalah 348 kalori. Hal ini menunjukkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan harian 2.000 kalori, penting untuk mendapatkan variasi makanan dengan kandungan protein dan serat yang cukup, bukan hanya mengandalkan konsumsi karbohidrat dalam jumlah besar.

Selain asupan karbohidrat dalam sehari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi