Latihan Kardio Lari 30 Menit Membakar Berapa Kalori?

| 28 Sep 2022 17:05
Latihan Kardio Lari 30 Menit Membakar Berapa Kalori?
Ilustrasi lari (unsplash)

ERA.id - Joging merupakan salah satu olahraga yang digemari saat ini. Selain karena tidak terlalu menguras tenaga, olahraga satu ini juga murah. Lantas joging atau lari 30 menit membakar berapa kalori? Mari kita cari tahu jawabannya.

Lari 30 Menit Membakar Berapa Kalori?

Meskipun jogging selama 30 menit sehari dapat membakar 200 hingga 500 kalori, namun hal tersebut tergantung pada jenis aktivitas fisik dan durasi latihan. Jogging sendiri memiliki tingkat konsumsi energi yang cocok untuk orang yang perlu menurunkan berat badan.

Dilansir dari vinmec, banyak penelitian menunjukkan bahwa jogging selama 15-30 menit dapat meningkatkan metabolisme dan membakar jenis lemak tertentu selama dan setelah berolahraga.

Perlu diketahui, ketika waktu lari pendek tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya, daripada mengandalkan karbohidrat saat intensitas latihan meningkat.

Lemak akan terus dibakar setelah berlari. Setelah Anda melakukan lari yang intens, tubuh masuk ke mode EPOC (konsumsi oksigen berlebih setelah berlari), di mana ia menggunakan energi dari lemak dan karbohidrat untuk pulih ke kondisi pra-latihan.

Menariknya, EPOC dapat bertahan dari 15 menit hingga 48 jam, jadi jogging 30 menit saja sehari dapat membantu Anda membakar lemak dalam 2 hari.

Jogging Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Jogging selama 30 menit sehari juga dapat membuat tubuh merasa baik dengan melepaskan sejumlah besar endorfin yang meningkatkan perasaan gembira selama dan setelah jogging.

Lari juga dapat meningkatkan kesehatan mental (unsplash)

Selain itu, jogging secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan mental, mulai dari mengurangi stres dan kecemasan hingga meningkatkan tingkat energi. Cobalah lakukan lari pendek dan teratur selama 1 bulan untuk merasakan efek lari.

Manfaat lain jogging selama 30 menit sehari jgua tidak akan membuat Anda merasa kewalahan. Artinya, risiko cedera menjadi sangat rendah selama Anda melakukan peregangan seperti biasa setelah berolahraga.

Kemudian jika Anda rutin melakukan jogging, tubuh Anda juga akan pulih dengan cepat dan siap untuk berolahraga keesokan harinya. Bahkan bagi seseorang yang rutin berlari jarak jauh, sesekali jogging selama 30 menit merupakan bagian penting dari rutinitas harian yang sehat.

Jogging Selama 30 Menit Setiap Hari Meningkatkan Kualitas Tidur

Jogging selama 30 menit sehari juga dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Jogging jarak pendek, meskipun tidak seberat lari jarak jauh tetap dapat memastikan Anda memperoleh tidur malam yang nyenyak.

Perlu diketahui, fase tidur nyenyak sangat penting untuk pemulihan fisik. Oleh karena itu, tidur malam yang baik dapat membantu memulihkan kebugaran dan membantu mempertahankan olahraga jangka panjang.

Namun perhatikan, Anda tidak boleh jogging tepat sebelum tidur karena jumlah endorfin yang dilepaskan sebelum tidur dapat membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam.

Memperbaiki Otot dan Bentuk Tubuh

Jogging selama 30 menit dalam sehari juga dapat memperbaiki otot, menurunkan berat badan, mencerahkan kulit dan menguatkan kulit. Beberapa manfaat tersebut tentu dapat membantu menjaga kepositifan dan kepercayaan diri Anda.

Membuat Umur Panjang

Kualitas hidup yang lebih baik berkat manfaat lari dikarenakan akan meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan kolesterol baik dan jahat, mengurangi stres, meningkatkan fungsi otak, daya ingat, dan meningkatkan umur Anda.

Memang jogging selama 30 menit sehari adalah bentuk olahraga yang baik, sehingga dapat dipertahankan untuk waktu yang lama. Dengan demikian, apapun olahraganya hal itu akan tergantung pada status kesehatan Anda untuk memilih bentuk olahraga yang paling sesuai.

Selain pertanyaan lari 30 menit membakar berapa kalori, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi