Patut Dihindari, Beragam Jenis Pantangan Setelah Makan Seafood

| 04 Aug 2024 09:00
Patut Dihindari, Beragam Jenis Pantangan Setelah Makan Seafood
Pantangan setelah makan seafood (freepik)

ERA.id - Mengkonsumsi seafood secara sembarangan dapat menimbulkan masalah kesehatan tertentu. Untuk itu terdapat beberapa pantangan setelah makan seafood yang sebaiknya Anda hindari.

Beberapa kombinasi makanan setelah makan seafood dapat memicu gangguan pencernaan hingga reaksi alergi. Artikel ini akan mengulas beberapa pantangan makanan setelah mengkonsumsi seafood yang perlu Anda ketahui.

Pantangan Setelah Makan Seafood

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari setelah mengkonsumsi udang atau seafood:

  1. Produk olahan susu

Kalsium dalam produk susu bereaksi dengan protein dalam seafood sehingga membentuk gumpalan yang sulit dicerna. Contoh susu, keju, yoghurt, dan saus krim.

Efek samping yang dapat ditimbulkan diantaranya kembung, mual, diare, dan sakit perut. Namun jika ingin menambahkan rasa creamy pada hidangan udang, pertimbangkan untuk menggunakan santan atau krim kelapa sebagai alternatif.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lambung yang sudah bekerja keras mencerna protein dalam udang. Untuk itu Anda harus menghindari beberapa makanan seperti cabai, merica, saus sambal, dan bumbu-bumbu pedas lainnya.

Selain itu, akan ada beberapa efek samping seperti heartburn, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Sebagai salah satu tips, jika Anda suka pedas, coba gunakan sedikit saja atau pilih jenis cabai yang tidak terlalu pedas.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Perbedaan Campak dan Alergi

  1. Makanan kaya zat besi

Kelebihan zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti konstipasi dan kerusakan organ, sebagai contoh daging merah, hati, bayam, dan kacang-kacangan.

Apabila Anda makan zat besi setelah makan seafood akan ada beberapa efek samping seperti kelelahan, sakit kepala, dan mual.

Namun jika Anda kekurangan zat besi, maka konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan suplemen yang tepat.

  1. Makanan tinggi pati

Kombinasi tinggi protein seafood dan tinggi karbohidrat (pati) juga dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan kembung, contohnya roti, nasi, pasta, kentang, dan jagung.

Kembung, perut terasa penuh, dan gangguan pencernaan lain merupakan efek samping dari konsumsi makanan tinggi pati setelah konsumsi seafood.

Untuk itu, cobalah pilih makanan pendamping yang lebih ringan seperti salad sayuran atau quinoa.

  1. Es jeruk

Perlu diketahui, asam dalam buah jeruk dapat mengiritasi lambung dan mengganggu penyerapan nutrisi dari udang. Untuk itu sebaiknya hindari jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit setelah makan seafood.

Kenapa tidak boleh minum es jeruk setelah makan seafood (freepik)

Terdapat beberapa efek samping yang akan ditimbulkan seperti mulas, heartburn, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk itu, jika Anda ingin menambahkan rasa asam pada hidangan udang, gunakan sedikit cuka atau air jeruk nipis.

  1. Alkohol

Alkohol dapat mengiritasi lambung dan memperparah efek samping dari mengonsumsi makanan yang tidak cocok dengan udang atau seafood. Contoh minuman yang harus Anda hindari seperti bir, anggur, dan minuman beralkohol lainnya.

Meskipun tidak akan mengganggu kesehatan, namun terdapat beberapa efek samping seperti mual, muntah, dan sakit kepala. Maka sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol saat makan udang atau tunggu beberapa jam setelah makan.

Untuk itu, setelah menyantap hidangan laut, sangat dianjurkan untuk mengakhirinya dengan segelas air putih hangat. Minum air hangat tidak hanya membantu membersihkan mulut dari sisa makanan, tetapi juga meredakan panas dalam.

Selain pantangan setelah makan seafood, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi