Ketahui Ciri-Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi agar Tidak Mengganggu Kesehatan

| 07 Jul 2023 18:05
Ketahui Ciri-Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi agar Tidak Mengganggu Kesehatan
Ilustrasi daging segar (pixabay)

ERA.id - Daging kurban masih ada di kulkas? Sebelum mengolahnya menjadi masakan, pastikan daging tersebut masih bagus. Jika sudah menunjukkan ciri-ciri daging yang tidak layak konsumsi, sebaiknya dibuang saja.

Daging yang sudah tidak layak dikonsumsi atau busuk bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Oleh sebab itu, cermati tanda-tanda daging tidak layak konsumsi berikut yang disarikan Era.id dari The Express Tribune.

Ilustrasi mengolah daging sapi segar (pixabay)

Ciri-Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi

1. Aroma berubah

Cara pertama untuk mengenali kesegaran daging adalah dengan indera penciuman. Daging tidak segar mengeluarkan aroma tidak sedap, bahkan sejak berada di wadah penyimpanannya.

Daging yang masih segar beraroma segar dengan bau khas sapi (jika daging sapi). Sementara, daging yang mulai rusak mengeluarkan aroma asam dan busuk. Anda cukup mendekatkan hidung ke daging (sekitar 10 cm dari daging) kemudian hiruplah aromanya.

Jika aroma malah sudah meragukan sejak sebelum Anda mendekatkan hidung, sebaiknya daging tersebut tidak dikonsumsi. 

2. Warna mulai gelap

Daging segar berwarna merah segar secara merata sebab belum mengalami oksidasi. Sementara, warna daging tidak segar berubah menjadi cokelat gelap, atau bahkan keabu-abuan.

3. Berlendir

Daging sapi mengandung air untuk menjaga kelembaban. Daging sapi segar punya ketahanan untuk menjaga kandungan air itu dengan baik. Namun, daging sapi yang sudah tidak segar akan mengeluarkan cairan tersebut.

Jika dilihat, daging tampak mulai berlendir dan basah. Teksturnya pun akan melunak. Selain itu, lendir pada daging tersebut lengket dan berbau tidak sedap. Daging yang seperti ini benar-benar sudah tidak bisa dikonsumsi.

4. Bertekstur lembek

Daging segar memiliki tekstur padat dan kenyal. Cara mengetahuinya adalah dengan menekan daging tersebut menggunakan jari. Jika daging membal atau kembali ke bentuk semula setelah ditekan maka daging tersebut masih segar.

Kesegaran daging sudah menurun jika kekenyalannya sudah tidak ada. Daging yang tidak segar terasa lunak dan tidak kembali ke bentuk semula setelah ditekan dengan jari.

Itulah ciri-ciri daging yang tidak layak dikonsumsi. Sebenarnya, ada cara untuk membuat daging tahan lama. Namun jika daging terlanjur tidak layak konsumsi, sebaiknya jangan dipaksakan untuk mengolahnya. 

Rekomendasi