Perbedaan Antara Anxiety Attack dan Panic Attack, Berikut Gejala dan Penyebabnya

| 08 Jul 2023 20:04
Perbedaan Antara Anxiety Attack dan Panic Attack, Berikut Gejala dan Penyebabnya
Perbedaan anxiety attack dan panic attack (unsplash)

ERA.id - Dalam dunia kesehatan mental, anxiety attack dan panic attack adalah dua kondisi yang seringkali disalah pahami atau bahkan dianggap sama. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada perbedaan antara anxiety attack dan panic attack?

Pada artikel ini, kami akan menjelajahi perbedaan antara anxiety attack dan panic attack. Kami akan membahas gejala-gejalanya, faktor pemicunya, serta cara mengelolanya.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kedua kondisi ini, diharapkan Anda dapat mengenali tanda-tanda yang muncul dan menemukan strategi yang tepat untuk menghadapinya.

Anxiety attack dapat berlangsung dalam waktu yang lebih lama (unsplash)

Perbedaan Antara Anxiety Attack dan Panic Attack

Anxiety attack dan panic attack adalah dua kondisi yang berbeda, meskipun gejalanya bisa serupa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

Penyebab

Anxiety attack umumnya terjadi sebagai respons terhadap situasi yang menimbulkan kecemasan atau stres. Gejala anxiety attack cenderung membangun secara perlahan. Sementara itu, panic attack dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa adanya penyebab yang jelas2.

Gejala

Baik anxiety attack maupun panic attack dapat menimbulkan gejala seperti jantung berdebar, sesak napas, keringat dingin, rasa takut yang intens, dan pikiran yang berlebihan. Namun, gejala panic attack sering kali lebih intens dan parah daripada anxiety attack.

Durasi

Anxiety attack dapat berlangsung dalam waktu yang lebih lama, mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam. Panic attack, di sisi lain, umumnya berlangsung dalam waktu yang lebih singkat, sekitar 10 hingga 20 menit.

Penanganan

Karena perbedaan penyebab dan durasi, penanganan untuk anxiety attack dan panic attack juga berbeda. Terapi kognitif perilaku dan teknik relaksasi sering digunakan untuk mengelola anxiety attack.

Sementara itu, penggunaan teknik pernapasan, terapi perilaku, dan dalam beberapa kasus, pengobatan dengan obat-obatan, dapat membantu mengatasi panic attack.

Selain perbedaan anxiety attack dan panic attack, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi