Berapa Kali Ganti Pembalut saat Haid? Simak Penjelasan Berikut

| 23 Jul 2023 07:20
Berapa Kali Ganti Pembalut saat Haid? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi pembalut saat haid (pexels)

ERA.id - Haid atau menstruasi dialami wanita secara rutin setiap bulan. Salah satu alat untuk menampung darah kotor yang keluar saat haid adalah pembalut. Namun, perlu berapa kali ganti pembalut saat haid?

Saat Anda haid, darah keluar dari vagina dalam jumlah cukup banyak. Namun, masing-masing wanita punya aliran darah menstruasi berbeda. Meski demikian, Anda diasarankan mengganti pembalut secara rutin.

Berapa Kali Ganti Pembalut saat Haid?

Dikutip Era.id dari Very Well Health, Anda disarankan mengganti pembalut secara rutin terutama saat aliran darah haid cukup deras. Aliran darah haid yang cukup deras dan banyak membuat pembalut cepat penuh sehingga rentang bocor.

Hal tersebut bisa membuat darah kotor mengotori bagian tubuh Anda yang lain, celana, dan tempat yang Anda duduki atau lewati. Selain itu, penggantian pembalut secara rutin juga dibutuhkan agar Anda terhindar dari iritasi.

Terkait berapa kali ganti pembalut dalam sehari, ini tidak bisa disamakan antara satu orang dengan yang lain. Kebutuhan dan aliran darah haid setiap wanita tidak sama.

Jika aliran darah cukup deras, sedangkan pembalut yang dipakai punya daya tampung sedikit, penggantian pembalut bisa dilakukan dengan lebih sering. Tidak ada aturan pasti terkait hal tersebut. Namun, dilansir Healthline, Anda bisa mengganti pembalut setiap 4—6 jam sekali.

Kondisi yang Membuat Anda Perlu Lebih Sering Ganti Pembalut

Dalam beberapa situasi atau kondisi, Anda dianjurkan untuk mengganti pembalut dengan lebih sering demi kebersihan dan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang membuat Anda perlu lebih sering mengganti pembalut.

1. Olahraga

Olahraga membuat badan lebih banyak berkeringat. Keringat yang bercampur dengan darah menstruasi di bisa menyebabkan organ intim lembap dan rentang jadi tempat berkembang biak bakteri.

2. Cuaca panas

Cuaca panas juga bisa membuat area intim menjadi lebih lembap. Saat udara semakin panas, produksi keringat juga meningkat. Hal ini membuat area intim semakin lembap. Anda perlu menyiapkan pembalut tambahan dan menggantinya lebih sering agar area intim Anda tidak gatal akibat jamur.

3. Aliran darah menstruasi deras

Secara umum, aliran darah menstruasi pada hari pertama dan kedua cukup deras. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih sering mengganti pembalut. Jika Anda termasuk orang yang memiliki aliran darah menstruasi deras, stok pembalut perlu ditambah karena bisa jadi hal tersebut berlanjut hingga hari ketiga dan keempat. 

Rekomendasi