Tips Naik Gunung Saat Haid dan Beberapa Perawatan Wajib yang Harus Dibawa

| 02 Jul 2024 10:36
Tips Naik Gunung Saat Haid dan Beberapa Perawatan Wajib yang Harus Dibawa
Ilustrasi naik gunung (freepik)

ERA.id - Mendaki gunung saat haid memang bukan perkara mudah. Namun menstruasi tidak harus menghentikan Anda dari menikmati pendakian. Anda hanya perlu beberapa beberapa tips naik gunung saat haid.

Dengan persiapan dan perencanaan yang matang, Anda dapat mengelola menstruasi dengan nyaman dan aman saat mendaki. Dilansir dari Cloudline Apparel, berikut beberapa tips untuk membantu Anda:

Tips Naik Gunung Saat Haid

1. Jangan Memakai Pembalut

Saat mendaki dan hiking, pilih tampon daripada pembalut. Tampon lebih nyaman dan praktis, dan membuat Anda memiliki hari yang menyenangkan di sepanjang jalur.

Selain itu, carilah tampon yang tidak beraroma karena Anda mungkin akan menarik hewan liar. Jika Anda ingin mengurangi jumlah sampah yang Anda bawa pulang, Anda juga bisa memilih tampon tanpa aplikator plastik.

Untuk wanita yang suka backpacking ultra-ringan dan ingin meminimalkan setiap ons dalam ransel mereka, pertimbangkan menstruasi cup yang dapat digunakan kembali.

2. Bawa Tisu dan Pembersih Tangan yang Tidak Beraroma

Tisu tidak beraroma adalah sahabat wanita. Untuk itu, simpan tisu tidak beraroma dan pembersih tangan dalam kit perlengkapan mandi Anda. Tujuannya agar Anda dapat dengan mudah membersihkan diri sesuai kebutuhan.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Waktu yang Tepat Naik Gunung

3. Isi Kotak P3K Anda dengan Pereda Nyeri

Anda adalah orang yang paling tahu mengenai kondisi tubuh Anda. Jadi jika Anda biasanya minum pereda nyeri atau suplemen lain untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan dan kram, maka siapkan.

Sebagian besar kotak P3K berisi beberapa bentuk obat penghilang rasa sakit, tetapi Anda harus menambahkan opsi obat-obatan Anda ke dalam kotak sebagai cadangan.

4. Tidak Nyampah

Setiap kali Anda pergi ke jalur pendakian, Anda harus berusaha sebaik mungkin untuk tidak meninggalkan jejak. Saat menstruasi, Anda berarti akan membawa keluar tampon atau berbagai produk kertas yang tidak boleh dikubur sembarangan.

Cara termudah untuk menyimpan sampah Anda adalah dengan meletakkannya dalam kantong plastik ganda. Cara ini akan membuat tidak adanya kebocoran atau bau yang keluar.

Kemudian untuk privasi tambahan, beri lapisan cat semprot pada kantong bagian dalam, sehingga jika Anda perlu mengeluarkan semua barang dari ransel,karena  tidak akan ada orang yang bisa melihat isinya.

Jangan memakai celana pendek beraksen pink (freepik)

Selain beberapa tips di atas, Wild Women on Top juga merekomendasikan beberapa tips berikut:

  1. Selalu bersiap untuk mendapatkan menstruasi saat Anda pergi hiking.
  2. Selalu bersiap untuk menghadapi menstruasi terburuk saat Anda pergi hiking.
  3. Selalu bawa sekotak tampon, bahkan jika Anda tidak mengira akan mendapatkan menstruasi. Karena selalu ada seseorang yang membutuhkannya ketika Anda mendaki.
  4. Selalu bawa kantong ziplock ukuran camilan. Pastikan kantong tersebut adalah kantong terkuat dan terkeras dengan resleting yang kuat.
  5. Lapisi kantong ziplock Anda dengan aluminium foil jika Anda ingin lebih menjaga privasi.
  6. Sebelum mendaki sebaiknya membeli menstruasi cup sehingga Anda tidak perlu tampon.
  7. Selalu bawa banyak tisu basah.
  8. Jangan memakai celana pendek dengan warna atau kamuflase pink pada hari Anda memulai memuncak.
  9. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda ingin mendaki gunung yang lebih ekstrim.

Selain tips naik gunung saat haid, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi