Biji-bijian untuk Diet? Ketahui Jenis-jenisnya di Sini

| 23 Jul 2023 20:08
Biji-bijian untuk Diet? Ketahui Jenis-jenisnya di Sini
Ilustrasi oat (Margarita Zueva/Unsplash)

ERA.id - Semua orang tentunya sering menjumpai jenis biji-bijian yang dapat dikonsumsi setiap harinya. Contohnya adalah kedelai, kacang, almond, dan lain sebagainya. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa biji-bijian merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan karbohidrat dapat menambah berat badan. Dalam artikel ini, akan dibahas jenis biji-bijian untuk diet.

Ternyata tidak sesederhana itu, dan juga tidak serumit itu. Beberapa biji-bijian benar-benar akan membantu Anda menurunkan atau mempertahankan berat badan yang sempurna, sementara beberapa lainnya justru sebaliknya. Triknya yaitu memilih jenis biji-bijian yang tepat.

Bagi Anda yang mempunyai masalah berat badan, tentunya jenis biji-bijian untuk menurunkan berat badan akan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Karbohidrat dan serat sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik dan biji-bijian menyediakan keduanya.

Karbohidrat menyediakan energi bagi tubuh Anda, sementara serat sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Serat praktis merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna, dengan kata lain makanan yang di dalamnya terkandung kalori lebih sedikit daripada jumlah karbohidrat yang sama. Apa saja jenis biji-bijian yang bisa digunakan untuk diet? Simak penjelasannya di bawah ini.

Oat Utuh

Jenis biji-bijian untuk menurunkan berat badan yang pertama yaitu oat utuh. Oat memiliki kandungan avenanthramide yang sangat tinggi, antioksidan yang sangat bagus untuk jantung. Adapun serat yang terkadung dalam gandum adalah serat beta-glucan.

Ia dikenal karena kemampuannya menyerap banyak air, dan meningkatkan perasaan kenyang. Secara umum, oat merupakan makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Nasi Merah

Ilustrasi nasi merah (David Gabrielyan/Unsplash)

Jenis biji-bijian untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah nasi merah. Beras merah ini kaya akan vitamin sehingga hampir menjadi makanan super. Ia memiliki kandungan antioksidan,  magnesium, fosfor, vitamin kelompok B dan menjadi salah satu dari sedikit produk yang mengandung selenium tinggi.

Gandum Utuh

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa gandum hitam mengandung lebih banyak nutrisi per porsi daripada biji-bijian lainnya. Jenis biji ini memiliki serat 4 kali lebih banyak ketimbang gandum utuh standar, 100 kalori per porsi, dan mempunyai hampir 50% dari jumlah zat besi yang direkomendasikan dalam keseharian Anda.

Soba

Jenis biji-bijian untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah soba. Soba mempunyai lebih banyak protein daripada biji-bijian lainnya sehingga membuatnya sebagai sumber protein yang sangat baik untuk vegetarian.

Quinoa

Quinoa serta soba sangat direkomendasikan untuk penderita penyakit celiac dan intoleransi gluten. Quinoa juga mengandung  protein, vitamin B-group dan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Walaupun quinoa tidak rendah kalori, ia mempunyai Indeks Glikemik rendah, yang berarti tidak akan mengakibatkan lonjakan besar gula darah.

Jagung

Ilustrasi jagung. (Foto: Dok. Antara)

Jenis biji-bijian untuk menurunkan berat badan berikutnya yaitu jagung. Jagung sangat direkomendasikan dan sangat menyehatkan untuk tubuh Anda jika sudah utuh. Dalam sebuah jagung, terkandung magnesium, vitamin B-group, fosfor yang baik, dan antioksidan yang tinggi. Jagung juga relatif rendah kalori, setidaknya hingga Anda menambahkan mentega ke dalamnya.

Nah, demikianlah ulasan tentang biji-bijian untuk diet yang bisa Anda pilih sebagai pilihan makanan sehari-hari. Semoga diet Anda berhasil, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi