Karbohidrat yang Cocok untuk Diet dan Mempercapat Penurunan Berat Badan

| 14 Oct 2023 18:05
Karbohidrat yang Cocok untuk Diet dan Mempercapat Penurunan Berat Badan
Karbohidrat yang cocok untuk diet (unsplash)

ERA.id - Karbohidrat sering kali mendapat reputasi negatif dalam dunia diet, padahal sebenarnya karbohidrat adalah komponen penting. Lantas apakah ada karbohidrat yang cocok untuk diet?

Terlepas dari pandangan umum, ada karbohidrat yang cocok untuk diet, yang bisa membantu Anda mencapai goal tanpa harus merasa lapar atau merasa terbatas makan.

Rekomendasi Karbohidrat yang Cocok untuk Diet

Dilansir dari eatingwell, karbohidrat terbaik untuk penurunan berat badan Anda di antaranya adalah biji-bijian utuh, beras merah, dan oatmeal.

Biji-bijian utuh adalah biji-bijian yang mengandung seluruh bagian biji: kulit, germ, dan endosperma.

"Biji-bijian utuh memiliki rasa yang lezat, sangat memuaskan, dan merupakan sumber serat yang baik," kata Caroline Susie, ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Kunci untuk mengelola berat badan Anda adalah konsistensi (unsplash)

Bagi yang masih bingung, berikut ini penjelasan bagaimana biji-bijian utuh dapat dimasukkan ke dalam pola makan Anda. Diharapkan dapat membantu Anda mendekati tujuan penurunan berat badan dan kesehatan:

  1. Membantu Mematuhi Rencana Penurunan Berat Badan

Kunci untuk mengelola berat badan Anda adalah konsistensi, kata Susie. "Sulit untuk konsisten ketika Anda mengikuti rencana makan yang membatasi dan merasa terbatas," jelasnya.

Beberapa orang dapat berhasil dengan diet rendah karbohidrat, sementara yang lain merasa terbatas dan mendambakan beberapa makanan favorit yang telah mereka kurangi.

Ketika Anda menggabungkan sumber-sumber karbohidrat sehat ke dalam pola makan, maka Anda dapat mengurangi kemungkinan perasaan terbatas.

"Menggunakan biji-bijian utuh yang sehat dapat membantu Anda tetap mematuhi rencana Anda dengan lebih baik untuk mengelola berat badan," katanya.

  1. Dapat Melindungi Anda dari Penyakit Kronis

Orang yang makan lebih banyak biji-bijian utuh juga mengonsumsi lebih banyak serat. Selain itu, biji-bijian utuh juga membantu menggantikan biji-bijian olahan dalam diet.

Biji-bijian olahan dapat melindungi dari penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, menurut meta-analisis penelitian tahun 2019 yang dimuat dalam The Lancet.

Selain itu, penelitian tersebut mencatat bahwa peningkatan konsumsi biji-bijian utuh telah terbukti mendukung berat badan yang lebih sehat. Para penulis menyarankan untuk mengkonsumsi 25 hingga 29 gram serat setiap hari.

Selain itu, menurut Pedoman Diet 2020-2025 untuk Warga Amerika merekomendasikan antara 25 dan 34 gram untuk orang dewasa. Sebagai referensi, satu cangkir pasta gandum utuh yang dimasak mengandung sekitar 4 gram serat, sementara satu iris roti putih memiliki kurang dari satu gram.

  1. Mendukung Berat Badan Sehat

Orang yang mengonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh cenderung lebih mungkin menjaga berat badan yang sehat.

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi biji-bijian utuh cenderung memiliki berat badan yang sehat, menurut meta-analisis tahun 2019 yang diterbitkan dalam Nutrients.

Mengapa? Sama seperti yang disebutkan sebelumnya, biji-bijian utuh mungkin membantu mengontrol nafsu makan, tetapi makanan ini juga dapat meningkatkan kesehatan mikrobiom usus Anda, yang seiring waktu dapat mempengaruhi berat badan Anda.

  1. Membantu Mengurangi Lemak Visceral

Menurut penelitian tahun 2021 dalam The Journal of Nutrition konsumsi biji-bijian utuh bagi orang dewasa paruh baya dan lansia dapat membuat peningkatan minor lemak visceral.

Perlu diketahui, lemak visceral melingkari organ-organ Anda dan berhubungan dengan proses peradangan yang berperan dalam penyakit—dan lemak visceral berlebih mungkin merupakan indikator penyakit metabolik.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa menggantikan biji-bijian olahan dengan sumber biji-bijian utuh—sebuah pertukaran sederhana dari roti putih ke roti gandum utuh bukan hanya membatasi lemak visceral tetapi juga membantu mencegah kolesterol tinggi dan gula darah tinggi.

Selain karbohidrat yang cocok untuk diet, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi