Penyebab Gangguan Memori Jangka Pendek dan Cara Mengatasinya

| 03 Aug 2023 19:15
Penyebab Gangguan Memori Jangka Pendek dan Cara Mengatasinya
Insomnia, salah satu penyebab gangguan memori jangka pendek (pexels)

ERA.id - Anda pasti pernah lupa tempat Anda meletakkan kunci. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda pasti mengalami gangguan memori jangka pendek.

Kehilangan ingatan jangka pendek terjadi saat hal-hal Anda lupakan dalam waktu 30 detik setelah kejadian. Hal tersebut bisa berupa peristiwa, percakapan, hal yang dilihat, hal yang didengar, atau bahkan yang dipikirkan.

Penyebab kehilangan memori jangka pendek cukup banyak. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut yang dirangkum Era.id dari verywell health.

Penyebab Gangguan Memori Jangka Pendek

Memori jangka pendek terkait dengan hal-hal yang terjadi selama 30 detik terakhir. Contoh dari hal tersebut adalah seseorang yang ingin mengirim pesan ke pacarnya tiba-tiba lupa apa yang akan dia lakukan 15 detik kemudian saat memegang ponsel.

Hal tersebut berarti sesuatu yang terlupakan beberapa menit setelah melakukan sesuatu tidak dianggap sebagai kehilangan memori jangka pendek.

Ilustrasi orang mengalami gangguan memori jangka pendek (pexels)

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab gangguan memori jangka pendek. Berikut adalah rinciannya.

·         Kurang tidur atau insomnia.

·         Efek samping obat

·         Tiroid kurang aktif

·         Alkohol

·         Stres dan kecemasan

·         Depresi

Dalam kondisi tertentu, kehilangan ingatan bisa menjadi tanda atau gejala gangguan yang lebih serius, seperti alzheimer. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu berkaitan.

Penuaan dan Gangguan Memori

Sebagian orang menganggap gangguan ingatan berkaitan dengan penuaan. Hal tersebut biasanya memang terjadi bersamaan, tetapi bukan berarti selalu demikian. Anda juga bisa mengalami gangguan ingatan meski masih muda. Demi mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

·         Makan makanan yang sehat dan seimbang: Makan sayur dan makanan padat nutrisi yang lain, serta menghindari gula bisa membantu mendukung fungsi otak, termasuk memori.

·         Tidak merokok: Merokok secara teratur bisa berdampak buruk pada memori.

·         Prioritaskan cukup: Anda perlu memprioritaskan tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas karena hal ini membantu mendukung fungsi otak, termasuk memori.

·         Olahraga teratur: Aktivitas fisik mendukung pemrosesan pemikiran yang sehat dan mengurangi risiko kehilangan ingatan.

Perawatan Gangguan Memori Jangka Pendek dan Cara Mengatasinya

Saat seseorang mengalami gangguan ingatan, perawatan yang dibutuhkan perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Jika ada orang yang mengalami gangguan ingatan karena alzheimer, hal tersebut bisa ditangani dengan obat. Perawatan lain yang bisa jadi pilihan adalah perawatan over-the-counter (OTC) dan perubahan gaya hidup.

Jika Anda mengalami masalah memori jangka pendek yang disebabkan oleh insomsia, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Kemungkinan, hal yang harus diatasi terlebih dahulu adalah masalah insomsia Anda.

Perubahan gaya hidup (menjadi lebih sehat) dan perilaku bisa membantu pencegahan dan pengobatan gangguan memori jangka pendek. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda upayakan.

·         Melakukan aktivitas fisik secara teratur dan rutin

·         Konsumsi makanan sehat untuk mencapai dan mempertahankan berat badan sehat

·         Menghindari alkohol dan tembakau

·         Cukup tidur yang berkualitas

·         Mengutamakan kesehatan mental dan emosional

Anda juga bisa meminta bantuan teman dekat atau keluarga terkait hal-hal yang berkaitan dengan pengobatan. Jika Anda beberapa kali mengalami gangguan memori jangka pendek, Anda harus segera mencari tahu penyebab dan cara menyembuhkannya agar tidak semakin buruk. 

Rekomendasi