Lebih Mengenal Pohon Pule yang Akan Ditanam di Istana Negara IKN

| 27 Sep 2023 21:05
Lebih Mengenal Pohon Pule yang Akan Ditanam di Istana Negara IKN
Pohon pule (National Parks)

ERA.id - Video yang menampilkan pohon pule diangkut dengan truk dari Sumbawa, NTB, viral di media sosial. Pohon tersebut dinarasikan akan ditanam di Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur.

Harga dari pohon ini tidak main-main, yaitu ratusan juta rupiah. Hal tersebut disampaikan oleh pemilik akun TikTok @sudarberox. Disebutkan bahwa beberapa pohon akan ditanam di depan Istana Negara dan nilainya menyentuh angka Rp1,2 miliar. Hal tersebut memancing rasa penasaran netizen untuk lebih mengenal pohon pule.

"Teman-teman semua, pohon inilah yang nanti akan ditanam di depan Istana Negara. Dan pohon ini dari Sumbawa, kalau tidak menurut narasumber—kontraktor penanam—pohon ini bernama pule yang mempunyai nilai fantastis banget, Rp450 juta,” ungkap pengunggah video.

Mengenal Pohon Pule

Pohon pule punya nama latin Alstonia scholaris. Ini merupakan tanaman berkayu keras yang biasanya ditemukan di sekitar Pulau Jawa dan Sumatra. Secara umum, pohon pule tumbuh di kawasan terbuka, bersemak, atau wilayah hutan campuran, hutan primer, dan sekunder.

Ketinggian rata-rata habitat pohon pule adalah kawasan dengan ketinggian antara 50 hingga 1500 mdpl. Secara umum, suhu tahunan wilayah yang jadi tempat tumbuhnya pohon ini adalah 12 hingga 32 derajat celcius.

Daun dan bunga pule (shoot)

Pohon pule menjadi salah satu tanaman untuk kebutuhan penghijauan. Alasannya adalah tanaman ini punya daun rimbun, mengkilat, dan memiliki bentuk kanopi melebar. Hal tersebut menghadirkan kesejukan pada area bawah pohon. Selain Indonesia, pohon ini bisa tumbuh di beberapa negara, seperti Australia, Srilanka, dan India.

Ciri-ciri pohon pule adalah memiliki batang yang bercabang. Pohon ini bisa tumbuh tingi, rata-rata mencapai 40 m. Kulit pohon pule berwarna cokelat, bertekstur tidak rata, dan bergetah putih seperti susu.

Daun pohon pule adalah daun tunggal, terdapat 5–8 helai pada ranting kayunya. Daun tersebut berbentuk lonjong dengan permukaan yang licin. Pertulangan daun menyirip dengan panjang 10–23 cm.

Bunga pohon pule berwarna hijau terang hingga putih kekuningan. Bunga tersebut menggantung di ujung tangkai. Aroma wangi akan tercium saat bunga tersebut mekar.

Manfaat Pohon Pule

Pohon pule mengandung berbagai senyawa yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir RimbaKita, berikut adalah rinciannya.

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Secara umum, infeksi bakteri bisa memicu berbagai jenis penyakit, seperti misalnya TBC, diare, dan penyakit kulit. Salah satu kandungan yang terdapat dalam pohon pule adalah butanol, yaitu pada kulit batangnya. Hal tersebut bisa menghambat pertumbuhan bakteri Strain M. Tuberculosis (TBC) yang sensitif dan resisten.

Selain itu, pohon pule punya 70 jenis senyawa alkaloid, sebagian besar berada pada bagian daun. Senyawa tersebut bisa menjadi anti-bakteri yang disebut bisa menghambat dan membunuh berbagai jenis bakteri yang berbahaya.  

2. Kadar gula darah

Kandungan botulin dan lupeol asetat pada pohon pule bermanfaat sebagai senyawa anti-diabetes. Kedua zat tersebut bisa menurunkan kandungan gula darah dan menjaga kesehatan pankreas.

3. Menekan risiko kanker

Pohon pule mengandung senyawa anti-kanker atau senyawa yang bisa menghambat atau mematikan sel kanker. Sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk hal ini adalah alkaloid dan triterpene yang punya aktivitas apoptosis atau mematikan sel kanker dan bersifat meningkatkan pertahanan tubuh.

4. Cegah radikal bebas

Antioksidan dibutuhkan untuk mencegah atau menangkal radikal bebas. Antioksidan terkandung di dalam pohon pule dalam bentuk senyawa saponin, terpenoid, tanin, flavonoid, alkaloid, glikosida, fenolik, dan steroid. Selain itu, batang dan getahnya efektif menangkal radikal bebas.

Satu lagi kandungan pohon pule yang memberikan manfaat kesehatan, yaitu etanol yang tinggi. Ekstrak etanol bisa ditemukan pada bagian daun. Daun pule kadang dijadikan minyak esensial, ramuan, pasta, dan tonik untuk pengobatan. Namun, berbagai manfaat pohon pule untuk kesehatan masih butuh penelitian lebih lanjut.

Itulah beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mengenal pohon pule. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi