Tanaman untuk Mengatasi Polusi Udara yang Harus Anda Ketahui

| 22 Aug 2023 19:25
Tanaman untuk Mengatasi Polusi Udara yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi menanam tanaman hias di air (Pexels/Kulbir)

ERA.id - Akhir-akhir ini kembali terdengar kabar meningkatnya polusi udara di daerah Ibukota Jakarta. Dari info tersebut, polusi udara menjadi salah satu masalah yang harus diwaspadai oleh setiap pemerintah daerah. Polusi udara sendiri dapat terjadi karena adanya kandungan zat berbahaya dalam udara sehingga membuatnya tercemar. Zat-zat yang berbahaya tersebut berasal dari asap pembuangan limbah pabrik, asap pembakaran, asap-asap kendaraan bermotor, dan lain-lain. Salah satu cara mengatasi polusi udara yang paling mudah adalah dengan memelihara tanaman. Lantas apa saja tanaman untuk mengatasi polusi udara?

Sebuah artikel jurnal yang berjudul Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) terhadap Polutan Udara dalam Ruangan karya Yuniar Putrianingsih dkk dari Universitas Satya Negara Indonesia tahun 2019, menyimpulkan bahwa adanya bahan atau zat tertentu yang terkandung dalam udara untuk jangka waktu yang lama, maka berpotensi membahayakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tanaman yang diyakini dapat menangkal polusi udara. Simak penjelasan di bawah ini.

Tanaman untuk Mengatasi Polusi Udara

Untuk mengurangi polusi udara di sekitar, dan sekaligus memperbaiki kualitas udara menjadi lebih bersih, Anda dapat memelihara daftar tanaman anti polutan.

Melansir situs Institut Teknologi Sepuluh November, artikel berjudul ITS Temukan Pohon Anti Polusi oleh Dadang tahun 2005, berikut jenis pohon dan tanaman yang dapat mengurangi polusi udara:

  • Pohon Tanjung
  • Pohon Mahoni
  • Pohon Angsana
  • Pohon Mangga

Keempat pohon tersebut mempunyai kemampuan menyerap CO alias karbonmonoksida, tetapi dibanding pohon anti polutan lain, seperti pohon mangga, tanjung, dan mahoni, pohon angsana mempunyai penyerapan paling baik terhadap gas CO.

Ilustrasi tanaman sansevieria (Unsplash/Severin Candrian)

Pohon angsana ini mempunyai daya serap yang baik untuk mengurangi polusi udara hampir 70% dan juga menghasilkan udara baru yang lebih bersih. Melihat kemampuan pohon angsana yang sangat baik tersebut, tentunya akan sangat cocok jika ditanam di daerah yang terdapat banyak polusi udara seperti jalan raya atau kawasan industri.

Selain empat tumbuhan tersebut, ada beberapa tumbuhan perdu yang juga dapat mengurangi pencemaran udara antara lain:

  • Pangkasmas
  • Bougenville
  • Kembang Sepatu

Perpaduan pohon angsana dan tanaman perdu yang ditanam pada satu titik membuat ketahanan tanaman lebih baik dengan kemampuan saling melengkapi dan saling memperbaiki untuk mengurangi polutan.

Lidah Mertua

Dikutip dari situs CNBC Indonesia berjudul Mau Udara di Rumah Bersih? Letakkan 5 Tanaman Anti Polusi Ini, tahun 2022, lidah mertua yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata ini merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Selain menjadi tanaman hias, lidah mertua juga termasuk ke dalam tanaman anti polutan.

Pada malam hari, tanaman ini akan banyak melepaskan oksigen yang bermanfaat untuk mengganti udara yang tercemar menjadi lebih segar. Selain itu, sebuah penelitian berjudul Tingkat Kemampuan Penyerapan Tanaman Hias dalam Menurunkan Polutan Karbon Monoksida karya Bovi Rahadiyan dkk, dari prodi Teknik Lingkungan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur tahun 2013, menyimpulkan semakin lama paparan polusi udara, maka akan semakin banyak pula polusi yang diserap oleh tanaman lidah mertua.

Sirih Gading

Tanaman sirih gading merupakan tanamanan semi epifit yang bersifat merambat dan umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam ruangan atau pekarangan kecil. Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata sirih gading juga merupakan salah satu tanaman anti polutan.

Tanaman sirih gading juga diketahui cukup efektif dalam mengurangi polusi udara. Di dalam ruangan, sirih gading dapat digunakan sebagai tanaman anti polutan untuk menangkal polusi udara yang berasal dari asap rokok atau pembakaran lainnya. Namun, efektivitas anti polutan dari sirih gading tersebut dapat disesuaikan dengan ukuran tanamannya, ukuran ruangan, serta banyaknya polusi udara yang ada. Semakin banyak atau besar tanaman sirih gadingnya, maka kemampuan dalam menghisap polusi udara juga semakin besar dan efektif.

Demikianlah ulasan tentang tanaman untuk mengatasi polusi udara, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi