Tanaman yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara dan Membuat Hidup Lebih Sehat

| 17 Aug 2023 07:20
Tanaman yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara dan Membuat Hidup Lebih Sehat
Tanaman yang dapat menghilangkan polusi udara (unsplash)

ERA.idPolusi udara merupakan masalah lingkungan yang serius di banyak kota besar. Udara yang tercemar. Bagi Anda yang ingin meminimalisir polusi, ada baiknya mulai memikirkan untuk mencari tanaman yang dapat menghilangkan polusi udara.

Menariknya terdapat beberapa jenis tanaman memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan polusi udara dan memurnikan lingkungan di sekitarnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai macam tanaman yang memiliki kemampuan ini dan bagaimana mereka dapat membantu menjaga udara bersih dan sehat.

Apakah pohon dapat mengurangi polusi udara?

Pepohonan memiliki kapasitas yang lebih besar dalam menyerap polutan karena memiliki daun yang lebih banyak dan bentuk yang lebih besar.

Sementara itu, tanaman seperti lidah buaya, lidah mertua, lili, anggrek, dan lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pohon, sehingga kemampuan mereka dalam menyerap polusi udara tidak sebesar pohon.

Apakah pohon dapat mengurangi polusi udara (unsplash)

Kehadiran pepohonan dan tanaman dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas udara, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, mereka dapat memberikan perlindungan terhadap permukaan dan mengurangi suhu lingkungan.

Ketika bangunan mendapatkan naungan dari pepohonan, ini dapat mengurangi ketergantungan pada AC konvensional serta mengurangi emisi gas rumah kaca yang terkait dengannya.

Tanaman yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara

Dengan melewati proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbon dioksida yang kita hembuskan dan mengeluarkan gas dari udara melalui proses yang disebut penyerapan. Melalui laporan NASA tahun 1989, ilmuwan Bill Wolverton mengemukakan bahwa tanaman dalam ruangan memiliki potensi untuk menjadi solusi ekonomis dalam menghadapi polusi udara dalam lingkungan indoor.

Berdasarkan penelitian NASA, berikut beberapa tanaman terbaik untuk penyaring udara (tanpa urutan tertentu):

  1. Tanaman Purple Waffle (Hemigraphis exotica)
  2. Bunga Gerber Daisy (Gerbera jamesonii)
  3. Tanaman Paku Boston† (Nephrolepis exaltata bostoniensis)
  4. Tanaman Golden pothos*† (Epipremnum aureum)
  5. Tanaman Bamboo palm* (Chamaedorea seifrizii)
  6. Tanaman Peace lily*† (Spathiphyllum)
  7. Tanaman Chinese evergreen* (Aglaonema modestum)
  8. Tanaman Ficus*† (Ficus benjamina)
  9. Tanaman Snake Plant/ Mother in Law’s Tongue*† (Sansevieria laurentii)
  10. Tanaman English Ivy*† (Hedera helix)

*Beracun bagi hewan peliharaan jika dimakan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, ingatlah untuk memeriksa daftar Tanaman Beracun di atas sebelum menambahkan tanaman di tempat yang dapat dijangkau oleh hewan peliharaan.

† Beberapa tanaman yang merupakan spesies invasif dan harus ditanam dalam pot. Selain itu jenis tanaman ini hanya ditempatkan di dalam ruangan. Selain itu penting untuk tidak membiarkan tanamanan ini di alam liar. Jika hendak membuangnya, berikan tanaman dalam pot kepada teman, atau buang tanaman dan akarnya ke tempat sampah.

Menariknya selain membantu Anda bernapas lebih mudah, tanaman indoor telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan mengurangi gejala pilek.

Selain tanaman yang dapat menghilangkan polusi udara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi