Simak Daftar Tanaman Hias yang Bisa Serap Asap Rokok

| 22 Feb 2024 21:05
Simak Daftar Tanaman Hias yang Bisa Serap Asap Rokok
Ilustrasi tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok. (Eva Elijas/Pexels)

ERA.idTanaman memberikan peranan penting dalam kehidupan manusia. Selain bermanfaat untuk menghiasi rumah, tanaman juga dapat memberikan kesegaran. Dari proses fotosintesis, tanaman mengubah karbon dioksida yang kita embuskan menjadi oksigen segar. Oksigen ini juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dari udara sekitar yang kita hirup. Lantas apa saja tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok?

Melansir Time, sebuah penelitian yang dilakukan NASA—Badan Antariksa Amerika Serikat—pada tahun 1989 mendapati tanaman hias di dalam ruangan dapat menghilangkan senyawa organik penyebab kanker yang mudah menguap, seperti formaldehida dan benzena di udara. 

Dari penelitian tersebut, beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa tanaman hias di dalam rumah menjadi pembersih udara alami yang efektif. Semakin besar dan rimbun tanaman Anda, maka semakin baik kualitasnya dalam membersihkan udara.

Senyawa beracun, seperti benzena, ternyata terkandung dalam rokok. Selain itu, rokok juga memiliki kandungan nikotin, naftalena, fenol, dan senyawa lain yang berbahaya. 

Hal tersebut juga berlaku untuk asap rokok. Asap rokok menjadi salah satu polusi berbahaya yang ada di dalam rumah. Tidak hanya mengganggu, kehadiran asap rokok di rumah juga mengandung karbon monoksida yang mematikan.  

Karbon monoksida merupakan gas yang tidak berbau dan tidak berwarna yang sangat berbahaya. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan merawat tanaman hias di dalam rumah. 

Tanaman Hias yang Bisa Serap Asap Rokok

Melansir FNP, Kamis (22/2/2024), di bawah ini adalah sejumlah tanaman hias yang berfungsi untuk menyerap asap rokok.

Tanaman laba-laba

Tanaman hias yang dapat menyerap asap rokok salah satunya adalah tanaman laba-laba. Berdasarkan penelitian, tanaman laba-laba mampu menghilangkan 96 persen karbon monoksida dari atmosfer. 

Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat, sehingga Anda bisa letakkan di bagian atas di rumah atau menjadikannya tanaman gantung. Anda dapat meletakkan tanaman laba-laba di ruang keluarga, kamar tidur, teras, hingga kamar mandi.

Tanaman karet

Salah satu gas utama yang terkandung dalam asap rokok adalah karbon monoksida. Tanaman karet atau rubber plant mampu menyerap sepenuhnya dan memberikan Anda udara bebas racun untuk bernapas. 

Anda dapat menempatkan tanaman karet di area yang mempunyai banyak ruang dan berukuran besar, misalnya beranda, ruang keluarga, dan balkon.  Sebab, tanaman dalam ruangan ini tumbuh cepat serta berukuran sangat besar, sehingga cocok untuk atrium.

Palem areca 

Tanaman hias palem areca juga dapat menyerap asap rokok yang mengganggu. Jenis tanaman ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk ruangan dalam dan luar. Tanaman palem areca mampu menyerap formaldehida yang dikeluarkan asap rokok sehingga Anda dapat mengirup udara yang lebih sehat.

Lili perdamaian  

Lili perdamaian atau peace lily juga dijadikan tanaman hias yang mampu menyerap asap rokok. Daun tanaman lili perdamaian yang berwarna hijau tua dan berkilau dapat menyerap racun berbahaya yang terkandung dalam asap rokok.  Selain itu, tanaman lili perdamaian juga bisa menjadi pembersih racun di udara, seperti benzena dan formaldehida.

Bunga Lili Perdamaian. (Pixabay)

Krisan

Tanaman hias yang dapat menyerap asap rokok lainnya adalah krisan. Bunga krisan cukup efektif menyerap karbon monoksida dan formaldehida dari asap rokok. Selain itu, bunga krisan juga efektif menghilangkan polutan udara dalam ruangan yang paling berbahaya. Ditambah lagi, bunga krisan menghasilkan bunga warna-warna yang cantik, yang dapat memperindah rumah Anda.

Demikianlah ulasan tentang tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok. Selanjutnya, Anda bisa menentukan, jenis tanaman apa yang sebaiknya Anda pilih. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi