Perbedaan Karies Gigi dan Gigi Berlubang: Bagaimana Tindakan Medis yang Benar?

| 09 Sep 2023 19:05
Perbedaan Karies Gigi dan Gigi Berlubang: Bagaimana Tindakan Medis yang  Benar?
Perbedaan karies gigi dan gigi berlubang (unsplash)

ERA.id - Tidak semua orang tahu perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang yang mungkin tidak terlalu kentara.

Karies gigi dan gigi berlubang sering dianggap sama, tetapi sebenarnya keduanya memiliki sedikit berbeda terutama dalam konteks kesehatan gigi.

Dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang serta bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.

Perbedaan Karies Gigi dan Gigi Berlubang

Kerusakan gigi adalah istilah umum untuk karies gigi yang banyak digunakan oleh masyarakat awam untuk menggambarkan proses penyakit bakteri atau infeksi yang merusak gigi.

Satu-satunya perbedaan antara karies gigi dan gigi berlubang adalah bahwa karies gigi merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan proses yang sama.

Karies Gigi dapat Berkembang Menjadi Lubang Gigi

Ketika asam dari bakteri terus merusak lapisan email gigi membuat karies semakin mendekati dentin atau lapisan gigi bagian dalam. Pada titik tersebut, asam perlahan menembus lapisan email gigi.

Perlu diketahui, asam bakteri cukup korosif dan pada akhirnya berhasil menembus lapisan email melalui lubang-lubang kecil di dalamnya hingga mencapai dentin atau bagian dalam gigi.

Akibat lapisan email pelindung gigi yang keras rusak atau hilang, maka dentin terbuka dan rentan terhadap infeksi bakteri dan produk asam. Hal tersebut terjadi karena dentin adalah materi yang lebih lunak dan kurang mineralisasi dibandingkan dengan email.

Asam bakteri dapat merusak dentin dengan lebih cepat bahkan dapat menyebabkan terbentuknya kavitas di dalam gigi bagian dalam. Proses tersebut terus terjadi hingga membentuk kavitas yang mirip dengan gua. Melalui proses tersebut maka kerusakan gigi (atau karies) telah menjadi lubang gigi (atau karies dalam yang dalam).

Bisakah Karies Gigi Hilang?

Dilansir dari Hudsonville Dental lubang gigi hanya dapat disembuhkan ketika pada tahap awal demineralisasi. Kebersihan mulut sangat penting untuk mengembalikan mineral yang hilang dalam gigi Anda dan menghentikan perkembangan kerusakan.

Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui jika terjadi proses karies pada tahap awal. Setelah bakteri dan kerusakan menembus email, kerusakan yang cukup parah telah terjadi. Proses pelubangan gigi tidak akan berhenti begitu dimulai maka  akan memerlukan penambalan atau bentuk perawatan gigi lainnya.

Bisakah Karies Gigi Hilang (unsplash)

Dokter gigi biasanya akan melakukan serangkaian tes di antaranya sensitivitas terhadap makanan panas, dingin, atau manis, serta rasa sakit saat mengunyah atau menggigit. Karena jika lubang gigi diabaikan akan dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan dokter gigi untuk mengobati lubang gigi. Tingkat kerusakan seringkali menentukan apakah diperlukan solusi yang lebih intensif karena berbahaya membiarkan lubang gigi dibiarkan begitu saja. Jika lubang gigi tidak diobati maka penyebaran kerusakan akan semakin parah dan bisa menyebabkan pencabutan gigi.

Penanganan pada lubang gigi berukuran kecil hingga sedang dapat dilakukan dengan penambalan gigi. Dokter gigi akan menggunakan resin komposit berwarna untuk mengisi lubang gigi dan mendekati enamel alami.

Selain perbedaan karies gigi dan gigi berlubang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi