Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Simak Daftarnya di Sini

| 29 Sep 2023 18:05
Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Simak Daftarnya di Sini
Ilustrasi Makanan (Luna Lovegood/Pexels)

ERA.id - Konsep 'food combining' atau kombinasi dua atau lebih jenis makanan memang terlihat menarik. Walaupun begitu, ada sejumlah makanan yang tak boleh dikonsumsi bersamaan. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

Kombinasi makanan dan minuman memang terasa memanjakan lidah. Namun, tanpa kita sadari, kombinasi keduanya sangat berisiko untuk kesehatan.

Menurut Ayurveda, sebuah praktik medis India kuno, ada kombinasi makanan tertentu yang harus dihindari sebab dapat menimbulkan gangguan pencernaan, kembung, dan juga keracunan.

Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan? Berikut daftarnya.

Piza dan soda

Restoran dengan menu piza pada umumnya menyiapkan soda untuk pilihan minumannya. Setelah mulut terasa seperti berlapis keju dan rasa gurih dari topping piza, memang minuman soda seolah dapat 'membilas' mulut hingga bersih.

Keduanya memang terlihat sempurna, tetapi Anda harus berhati-hati, justru piza dan soda tidak sesempurna itu untuk kesehatan.

"Soda dan piza atau apapun yang memiliki kandungan sirup jagung fruktosa tinggi dan karbohidrat rafinasi meningkatkan rasa lapar palsu dan mengurangi rasa kenyang," demikian penjelasan health coach, Colin Zhu mengutip dari Mashed.

Ilustrasi perbedaan pizza amerika dan italia (Unsplash/Vitalii Chernopyskyi)

Roti putih dan selai stroberi

Perpaduan makanan yang satu ini pada umumnya dijadikan menu sarapan yang sederhana untuk banyak orang. Walaupun demikian, dua makanan ini ternyata tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan.

"Kombinasi makanan tinggi gula untuk memulai hari bisa membuat Anda makan berlebihan. Saat Anda memulai hari tanpa protein dan dengan sedikit lemak, Anda rentan makan berlebihan di sisa hari karena tubuh Anda berusaha memenuhi," jelas ahli diet Allison Stowell mengutip dari Woman's Day.

Sereal dan jus jeruk

Selain roti dan selai, sereal dan jus jeruk juga sering menjadi menu sarapan praktis. Namun, perpaduan ini ternyata kurang berefek baik bagi kesehatan.

Nadya Andreeva, certified wellness coach, menjelaskan asam pada jus jeruk atau asam pada buah apapun dapat merusak enzim yang bertanggung jawab untuk mencerna pati pada sereal. Selain itu, asam pada jus dapat mengubah susu jadi lebih kental dan menggumpal.

Wine dan dessert

Menjadikan sesuatu yang manis sebagai pencuci mulut tentunya dapat menyeimbangkan palet lidah dan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Namun hal ini menjadi tidak menyenangkan ketika Anda menggabungkan minuman anggur alias wine dengan dessert.

Wine, minuman beralkohol yang mengandung kadar gula tinggi dan sepotong brownies akan memproduksi lemak ekstra pada tubuh. Wine akan membuat kadar insulin melonjak sehingga membuat tubuh menyimpan dessert sebagai lemak.

Kopi dan makanan tinggi zat besi

Perpaduan kopi dengan santapan serba gurih seperti omelet sepertinya memang bukan ide buruk. Apalagi kedai-kedai kopi pada hari ini selalu memiliki inovasi dalam sajiannya. Namun, ternyata perpaduan kopi dengan makanan tinggi zat besi bukan ide baik. Hal ini berlaku juga untuk teh.

Claire Martin, ahli gizi, menjelaskan kandungan polifenol dan tanin pada teh juga asam klorogenat dalam kopi menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.

"Banyak perempuan menunjukkan kadar zat besi rendah khususnya saat menstruasi, saat kurang zat besi bisa berkontribusi pada rasa lemas dan mood swing. Kurangi konsumsi teh dan kopi atau coba konsumsi satu jam sebelum makan," saran dia.

Gorengan dan makanan berpati

Ayam goreng restoran cepat saji kerap kali berpasangan dengan menu kentang goreng. Tempe goreng juga dapat dikonsumsi dengan ubi atau singkong goreng untuk menimbulkan efek kenyang. Sebelum jadi kebiasaan, disarankan menghindari perpaduan gorengan dan makanan berpati.

Daging dan karbohidrat

Kombinasi makanan tertentu bisa membuat 'huru-hara' dalam tubuh Anda karena perbedaan proses mencerna. Hal ini sangat terlihat dari perpaduan daging dan karbohidrat.

Amanda Frick, dokter naturopati, mengingatkan agar tidak mengonsumsi burger bersama dengan kentang goreng, pasta dan bakso atau piza.

"Protein menuntut lingkungan yang agak berbeda di perut untuk dicerna dengan baik. Keduanya pun perlu enzim yang berbeda. Mencerna keduanya pada saat bersamaan memiliki efek cancellation sehingga tidak bisa dicerna dengan baik. Ini bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang parah, ketidaknyamanan, refluks asam dan kembung. Coba tunggu dua hingga tiga jam antara makan dua kelompok makanan ini untuk memastikan pencernaan dan penyerapan yang baik," jelas dia.

Demikianlah 7 jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bersamaan. Anda disarankan untuk menghindarinya agar tidak membahayakan kesehatan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi