Manfaat Okra untuk Pria, Simak Penjelasannya di Sini

| 30 Sep 2023 09:15
Manfaat Okra untuk Pria, Simak Penjelasannya di Sini
Ilustrasi sayur okra (Foto: Pixabay)

ERA.id - Okra (Abelmoschus esculentus) merupakan jenis sayuran yang seringkali dibudidayakan di daerah beriklim hangat, contohnya Afrika dan Asia Selatan. Okra juga populer dengan berbagai sebutan, contohnya bhindi, bamia, lady's fingers, dan gumbo. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa manfaat okra untuk pria.

Bentuk okra sendiri seperti jari-jari dengan kulit berwarna hijau dan daging putih pada bagian dalam. Sayuran ini mengandung nutrisi yang kaya seperti vitamin C, folat, vitamin K, dan serat. Okra juga memiliki kandungan senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh seseorang.

Manfaat Okra untuk Pria

Manfaat okra sendiri sudah sangat terpercaya dan tak perlu diragukan lagi. Bahkan ada klaim yang menyebutkan bahwa manfaat okra untuk pria berhubungan dengan kesehatan seksual dan vitalitas.

Manfaat okra untuk pria diyakini dapat memberikan peran penting dalam meningkatkan kesehatan seksual pria. Sayuran ini merupakan sumber seng yang membantu mencegah disfungsi ereksi dan merevitalisasi kekuatan seksual. Okra memiliki kandungan asam folat dan banyak komponen yang berfungsi untuk menambah sperma.

Komponen ini akan mengatasi permasalahan jumlah sperma rendah dan memberikan peran penting dalam menangani sperma encer. Okra merupakan sumber Vitamin C yang baik dan dapat memperbaiki jaringan tubuh serta membantu meningkatkan kesehatan kulit baik untuk pria ataupun wanita. Sayur ini juga memiliki kandungan komponen dan nutrisi penting lainnya yang mencegah pigmentasi kulit.

Okra kaya akan serat makanan yang membantu pencernaan dan mencegah masalah pencernaan. Menurut ahli gizi dan kesehatan, pria memerlukan sekitar 38 gram serat setiap hari. Okra rendah kalori, kolesterol dan lemak tak jenuh. Oleh sebab itu, okra dapat menjadi pengganti makanan yang baik untuk pria yang berniat menurunkan berat badan atau mereka yang menderita obesitas.

Ilustrasi okra (Pixabay)

Dapat Digunakan untuk Mengendalikan Obesitas

Seseorang yang rutin mengonsumsi air okra secara teratur akan terbantu dalam mengendalikan obesitas. Okra juga mengandung lektin, sejenis protein yang memiliki potensi mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini berguna untuk mencegah jenis kanker tertentu yang dapat menyerang pria, contohnya kanker prostat.

Okra juga kaya dengan kandungan antioksidan seperti polifenol, isoquercitrin dan flavonoid yang dapat mencegah atau menurunkan risiko pembekuan darah dan berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung. Okra membantu mengendalikan dan membuat kadar gula darah menjadi stabil, terutama jika dikonsumsi dengan teratur.

Efek Samping Okra

Namun, Anda harus berhati-hati, sebab terlalu banyak mengonsumsi okra juga dapat menimbulkan efek samping. Di bawah ini adalah beberapa efek samping okra jika dikonsumsi secara berlebihan:

  • Masalah gastrointestinal: Okra mengandung fruktan, yang merupakan sejenis karbohidrat. Fruktan dapat menimbulkan diare, gas, kram, dan kembung pada orang dengan masalah usus yang ada.
  • Peradangan: Okra mengandung solanin, yang merupakan senyawa beracun yang dapat memicu nyeri sendi, radang sendi, dan peradangan berkepanjangan pada beberapa orang. Kentang, tomat, terong, blueberry, dan artichoke juga mengandung solanin. Pembekuan darah: Vitamin K membantu pembekuan darah, dan kandungan vitamin K okra yang tinggi dapat memengaruhi mereka yang menggunakan obat pengencer darah, seperti warfarin atau Coumadin. Pengencer darah membantu mencegah pembentukan gumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke.
  • Batu ginjal: Okra mengandung oksalat tinggi. Jenis batu ginjal yang paling umum dan terdiri dari kalsium oksalat. Makanan oksalat tinggi, seperti okra dan bayam, dapat meningkatkan risiko batu ginjal pada orang yang pernah mengalaminya sebelumnya.

Demikianlah ulasan tentang manfaat okra untuk pria beserta efek samping yang diberikan jika dikonsumsi berlebihan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi