Mengapa Harga Pohon Bonsai Mahal? Ternyata Ini Alasannya, Salah Satunya Memperpanjang Umur

| 09 Apr 2023 08:18
Mengapa Harga Pohon Bonsai Mahal? Ternyata Ini Alasannya, Salah Satunya Memperpanjang Umur
Ilustrasi tanaman bonsai. (ilyessuti-pixabay)

ERA.id - Mengapa harga pohon bonsai mahal? Bagi Anda yang baru mengenal dunia tanaman hias, tentunya mempertanyakan hal ini. Ada beberapa alasan yang membuat salah satu tanaman hias jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi. Pohon bonsai sejak dulu memang sering ditanam dan dirawat oleh para penguasa dan raja-raja. Sebab, diyakini dapat memperpanjang usia penghuni rumah yang memilikinya. Apakah benar demikian? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Pohon Bonsai

Penggemar tanaman hias tentunya disarankan untuk tidak melewatkan pohon yang satu ini. Sebab, jenis pohon ini disebut mampu mengundang rezeki.

Tanaman bonsai memang sudah sejak lama dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan karena beberapa alasan. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, merawat bonsai di dalam rumah juga dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan dan psikologis penghuni rumahnya.

Ilustrasi pohon bonsai. (Pixabay)

Tanaman ini juga mudah dirawat dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Tanaman ini dianggap mampu mengundang rezeki, sebab harga jual bonsai yang dapat mencapai jutaan rupiah, tergantung dari struktur dan keindahan tanaman itu sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa harga pohon bonsai mahal dan sangat cocok untuk Anda rawat di rumah:

Mendukung hidup sehat

Pohon bonsai memberikan banyak manfaat kesehatan untuk mendukung gaya hidup pemiliknya. Tanaman ini bahkan dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan, antara lain mencegah flu, mencegah penyakit yang terjadi di rumah, sakit tenggorokan hingga kelelahan.

Setelah meletakkan bonsai di lingkungan rumah selama beberapa waktu, mungkin Anda akan merasakan tubuh semakin penuh dengan energi dan merasa segar. Pohon bonsai juga memberikan efek positif terhadap psikologis yang menjadikan Anda merasakan lebih rileks secara mental.

Melepas stres

Pohon bonsai juga diyakini membawa banyak kedamaian ke dalam hidup.

Sehingga membuat orang yang meletakkan bonsai dirumahnya cenderung lebih terhindar dari rasa gelisah atau frustrasi. Anda dapat menempatkan bonsai di atas meja kerja, sebab akan membawa manfaat untuk hari-hari sibuk dengan membantumu tetap tenang.

Mudah dirawat

Pohon bonsai tidak membutuhkan perawatan yang rumit, melainkan hanya butuh sedikit cahaya matahari. Penyiraman air yang cukup juga hanya dilakukan secara berkala dan dipangkas sesekali saja.

Jika Anda sudah merawatnya dengan baik, bonsai akan memberikan Anda banyak manfaat yang tentunya akan menjadikan hidup Anda lebih sehat dan ceria.

Membersihkan udara

Alasan lain memiliki bonsai di rumah yaitu untuk menjernihkan udara dan mengurangi racun di udara rumah Anda. Racun yang berada di udara dapat membahayakan jika terhirup dan berpotensi merusak paru-paru.

Untuk membuang racun tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memurnikan udara. Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman tertentu, salah satunya bonsai yang dapat menjadi pembersih udara alami di rumah dan memberikan kesegaran udara untuk dihirup.

Demikianlah penjelasan mengenai mengapa harga pohon bonsai mahal beserta manfaat-manfaat yang diberikannya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi