Dari Kanker Sampai Diabetes Bisa Dilawan dengan Teh Hijau

| 18 Sep 2019 07:04
Dari Kanker Sampai Diabetes Bisa Dilawan dengan Teh Hijau
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Banyak sekali khasiat yang ditawarkan green tea atau teh hijau bagi kesehatan. Tak heran jika teh hijau banyak dikemas dalam berbagai olahan, mulai dari makanan, minuman, hingga produk kecantikan.

Menurut sebuah penelitian, teh hijau memiliki kandungan flavonols dan catechins. Senyawa penting lain dalam teh hijau adalah EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat teh hijau, simak penjelasannya, seperti dikutip Boldsky.

1. Mengurangi kolesterol jahat

Teh hijau dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu juga dapat melindungi dari stroke. Minum teh hijau juga dapat menurunkan penyakit jantung hingga 31 persen, menurut sebuah penelitian yang dipulikasi dalam Journal of Nutrition.

2. Melawan kanker

Menurut penelitian dan pengobatan kanker payudara yang dilakukan pada 2010, teh hijau yang mengandung antioksidan pelifenol juga telah terbukti mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti prostat, usus besar, dan kanker payudara. 

3. Menurunkan berat badan

Untuk kaum hawa yang kerap melakukan diet atau menurunkan berat badan, mungkin teh hijau bisa menjadi solusinya. Teh hijau dapat menurunkan berat badan karena meningkatkan laju metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4 persen, demikian dikutip dari The American Journal of Clinical Nutrition. 

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sementara itu, teh hijau bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Studi menemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula rendah. Seseorang yang mengonsumsi teh hijau memiliki 18 persen risiko lebih rendah terkena diabetes.

Rekomendasi