Asam Manis Rambutan si Kaya Antioksidan

Tim Editor

    Ilustrasi (Istockphoto)

    Jakarta, era.id - Musim rambutan segera tiba. Pasar dan supermarket mulai menjual buah bernama ilmiah Nephelium lappaceum ini. Jika dilihat secara kasat mata, bentuk dan tampilan dari buah rambutan hampir menyerupai buah leci. Hanya saja, buah rambutan memiliki rambut atau bulu yang mengelilinginya. Meski bentuknya demikian, buah rambutan yang saat ini sedang naik daun ini ternyata bisa membantu melancarkan pencernaan lho.

    Selain membantu melancarkan pencernaan, buah rambutan juga memiliki manfaat lainnya bagi tubuh. Apa sajakah manfaat dari buah rambutan? Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

    Melancarkan pencernaan

    Rambutan merupakan salah satu buah yang tidak larut dalam air. Maksudnya sebagian daging dari buah rambutan ini harus melalui proses pencernaan terlebih dahulu sebelum masuk ke pembuangan. Dengan demikian bagi Anda yang mengalami sembelit atau susah buang air besar bisa teratasi dengan mengkonsumsi buah rambutan.

    Daging rambutan yang sudah Anda konsumsi akan mendorong kotoran di dalam usus, sehingga pencernaan Anda akan lancar. Selain baik bagi sistem pencernaan, sebagian lain dari buah rambutan mengandung serat yang larut dalam air.

    Serat ini akan menjadi makanan bagi bakteri yang berada di usus untuk menghasilkan asam lemak rantai. Asam lemak ini nantinya akan berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus.

    Menjaga sistem kekebalan tubuh

    Dilansir dari berbagai portal media kesehatan, salah satu manfaat buah rambutan ialah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.

    Kandungan antioksidan yang menghasilkan vitamin C ini memproduksi sel darah putih, yang nantinya berfungsi untuk melawan bakteri. Jadi, jika akhir-akhir ini Anda cukup lelah dengan aktifitas dan tubuh Anda menjadi sedikit lelah, cobalah untuk mengkonsumsi buah rambutan.

    Membantu menurunkan berat badan

    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, rambutan menjadi salah satu buah yang bisa Anda konsumsi selain apel loh. Dalam 100 gram daging rambutan yang Anda konsumsi mengandung 75 kalori dan 1.3 – 2 gram serat.

    Berkat kandungan serat yang tinggi inilah tubuh Anda akan dibantu untuk stabil dan tidak cepat gemuk. Dengan mengkonsumsi buah rambutan, Anda akan merasa kenyang dan sedikit mengurangi nafsu makan sehingga tubuh Anda akan terjaga.
     
    Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi buah rambutan dalam jumlah yang banyak ya. Mulailah mengkonsumsi buah-buahan sejak dini agar tubuh Anda tetap sehat dan terjaga, terlebih di musim penghujan saat ini. Menjaga kondisi tubuh perlu di lakukan sedikit ekstra agar terhindar dari berbagai penyakit yang kapan saja bisa menyerang Anda.
     

    Tag: kesehatan

    Bagikan :