Kapan Waktu yang Tepat Tindik Telinga Bayi? Simak Uraian Berikut

| 30 Sep 2023 07:05
Kapan Waktu yang Tepat Tindik Telinga Bayi? Simak Uraian Berikut
Ilustrasi tindik telinga bayi (pixabay)

ERA.id - Tak sedikit orang tua yang ingin memasang tindik pada bayinya dengan berbagai alasan, misalnya untuk kecantikan. Beberapa bayi bahkan sudah ditindik meski baru beberapa hari lahir. Namun, sebenarnya kapan waktu yang tepat tindik telinga bayi?

Dilansir Nypost, bayi perempuan setidaknya butuh waktu empat bulan setelah lahir baru bisa aman dipakaikan anting. Hal tersebut berdasarkan saran dokter untuk menunggu bayi menerima dua suntikan vaksin tetanus, yaitu sekitar empat bulan.

Sementara dilansri Healthline, Akademi Pediatri Amerika menjelaskan bahwa penindikan kepada bayi aman selama dilakukan dengan teknik dan peralatan yang steril. Orang tua atau pengasuh juga harus konsisten dengan aftercare demi memastikan bekas tindikan sembuh dengan baik.

Anak kecil dengan tindik di telinga (pixabay)

Waktu yang Tepat Tindik Telinga Bayi

Dilansir Healthline, tidak ada rekomendasi waktu untuk melakukan tindik kepada bayi sebab tergantung pada apa yang diinginkan oleh ibu kepada buah hatinya. Jika memang ingin segera menindik bayi, ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Beberapa pendapat menyebut penindikan telinga bayi sebaiknya menunggu hingga bayi berumur empat bulan, ada yang berpendapat tiga bulan. Ada orang tua yang menindik anak saat masih bayi, tetapi ada pula yang menunggu hingga buah hati cukup besar untuk merawat bekas tindikan tersebut.

Penindikan telinga bayi tidak lebih berbahaya dibandingkan pada orang dewasa. Komplikasi akibat tindik telinga tidak ditentukan oleh usia. Hal tersebut bisa dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia.

Namun, ada baiknya orang tua menunggu hingga bayi menerima vaksin tetanus sebelum telinganya ditindik. Tindik telinga memang berisiko kecil sebabkan tetanus, tetapi tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan.

Perawatan Setelah Ditindik

Memang, tidak ada salahnya menindik telinga bayi, bahkan sebelum menyentuh usia satu tahun. Namun, ada baiknya penindikan menunggu hingga si bayi sudah bisa berperan aktif.

Perlu diingat, tindik adalah lubang yang dibuat di anggota tubuh. Hal tersebut perlu mendapatkan perawatan agar tidak menyebabkan infeksi atau gangguan kesehatan yang lain. Kemudian, anak di bawah empat tahun belum paham dan belum bisa merawat tindik pada telinganya secara mandiri.

Bayi, bahkan saat sudah berusia beberapa bulan, sangat mungkin menyentuh telinga mereka dengan tangan yang masih kotor. Salah satu hal yang dikhawatirkan jika hal tersebut terjadi adalah infeksi.

Sementara, anak yang usianya lebih tua bisa lebih paham dan lebih disiplin dalam perawatan tindik. Dengan usia yang cukup, anak tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap tindik di telinganya. Namun, jika Anda ingin menindik bayi yang masih beberapa bulan, setidaknya simak beberapa hal berikut ini.

  • Beberapa bayi alergi emas dan nikel. Orang tua harus awas terhadap tanda-tanda reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan, dan bengkak di sekitar luka. Jika ada tanda-tanda tersebut, segera lepas anting pada bayi.
  • Orang tua harus membersihkan dan merawat atau mendisinfeksi tindikan untuk membantu proses penyembuhan luka.
  • Jangan sampai menusuk tulang rawan telinga sebab bisa menyebabkan infeksi yang lebih serius.
  • Jangan gunakan perhiasan menjuntai sebab mudah tersangkut di pakaian dan tempat tidur. Bayi juga mungkin akan menariknya, atau bahkan menelannya kemudian.

Itulah beberapa hal terkait waktu yang tepat tindik telinga bayi. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain, ikuti terus berita terbaru Era.id

Rekomendasi